Qasidah 78 Album Religi Karya BIMBO


Kebiasaan artis membuat album baru dengan nuansa religi saat Ramadhan,  ternyata  bukan  terjadi belakangan ini saja. Sebetulnya fenomena ini sudah  terjadi sejak tahun 70-an. Tak lebih group musik legendaris macam Bimbo juga  pernah menelurkan beberapa album religi beberapa seri.  Salah satunya album  Qosidah '78, dimana Bimbo berkolaborasi dengan penyair ternama, Taufiq Ismail.

Album produksi PT Remaco berlabel Remaco Record (RMC) ini, terdiri  dari 7 lagu yaitu; Jangan Tolak Kenikmatan, Aku Impikan sebuah Mesjid, Dimana  Dunia Dimana Sorga, Doa Orang Biasa, Ibu yang Merebus Air dan Batu, Pinjaman  Tanpa Bunga, Berilah Kami Undangan.   

Tentu saja diseluruh lagu tersebut penuh dengan pesan keimanan dan  ketaqwaan kepada Alloh SWT. Misalkan dilagu "Jangan Tolak Kenikmatan" Bimbo  bertutur tentang orang yang belum mau sholat kalau belum tua;  Ada orang  yang berkata/ Ibadat sholat itu  nanti itu kalo tua saja/ada kenalan ada yang  bilang kalau sudah tua saya akan sembahnyang/Ternyata sholat itu nikmat terasa  teduh serta damai dan tenang . Lagu dibawakan dengan bersaut-sautan dan  dipolesi dengan kombinasi mirip dengan paduan suara orkestra. Dilagu "Aku  Impikan sebuah Masjid" Bimbo juga berkreasi dengan  atraksi gitar ala padang  pasir yang diselingi dengan petikan musik country.

Jangan tanya soal syair lagu Bimbo. Selain penuh makna, syair juga ditulis dengan  bahasa yang puitis. Maklum saja, syair di album ini semua dikerjakan Taufiq  Ismail, sang penyair senior yang banyak membawakan syair-syair bernuansa  religi, sosial dan budaya. Untuk lebih lengkapnya, coba saja nikmati di lagu "Doa  Orang Biasa"  "Ibu yang Merebus Air dan Batu", "Pinjaman Tanpa Bunga", dan    "Berilah Kami Undangan".

Bingung dapetin albumnya ? Jangan khawatir, beberapa perusahaan rekaman  sudah merekam ulang tembang-tembang mereka. Silakan saja cari di toko kaset,  pasti dapet. Mungkin  kaset yang  Anda dapat tidak sama dengan album ini, soalnya  dialbum ini terdapat nyanyian merdu anak-anak dari personel bimbo  yang  tergabung dalam kelompok "Lolo dan Boncu Bimbo".  Nah, lagu anak-anak ini  direkam pada side B, dengan iringan musik Ilin Sumantri.

Ada delapan lagu anak bernuansa qosidahan, yaitu; Salam, Indung-indung, Bertaqwa, Kemenangan, Berbudi, Fajar Pagi, Puasa, dan Bersyukur. Untuk Anda-anda yang hidup pada generasi 80-an pasti tahu lagu "indung-indung", begini syairnya;
 
indung-indung  kepala lindung, ujan di udik di sini mendung/anak siapa pakai kerudung, mata melirik  kaki kesandung/ayun-ayun siti aisyah mandi dikali rambutnya basah, tidak sembahyang tidak puasa, dihari nanti mendapat siksa./anak kecil memakan salak, pohon salak berduri-duri, bila kecil jadi pemalas sudah besar menyesal diri. [lysthano/itunes]