Pentingnya "Surat Kontrak" dalam Penyelenggaraan Event Musik

Pentingnya "Surat Kontrak" dalam Penyelenggaraan Event Musik

Kemarin, baru saja ada berita yang kurang menyenangkan terkait dengan dunia musik Indonesia. Ya, publik banyak yang mengetahui, pagelaran musik Jazz tertua dinegeri ini mengalami "kekacauan". Sejumlah artis (dalam dan luar negeri), yang dijadwalkan hadir, batal naik panggung. Menurut mereka --yang batal tampil--, tidak ada kejelasan dari pihak penyelenggara
40 Tahun WarKop DKI

40 Tahun WarKop DKI

Bulan September 2013 lalu Warkop DKI memasuki usia 40 tahun. Meski cuma tinggal satu personel, Indro, hingga kini grup lawak legendaris tersebut belum ada yang menyaingi. Mau tahu resep sukses mereka? Berikut kisahnya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.
Meringkas Perjalanan Musikal Seorang Legenda

Meringkas Perjalanan Musikal Seorang Legenda

Mungkin ini salah satu dari puluhan buku atau mungkin sudah ratusan judul buku yang berkisah tentang salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Iwan fals.
Chossy Pratama, Sang Spesialis Musik untuk  Film dan Sinetron

Chossy Pratama, Sang Spesialis Musik untuk Film dan Sinetron

Dalam hal mencipta musik untuk film atau Sinetron, nama Chossy Pratama tidak bisa diabaikan. Karyanya banyak menghiasi puluhan film dan sinetron Indonesia. Tidak hanya itu, lewat ciptaannya sejumlah penyanyi mendulang sukses, sebut saja Dewi Gita yang melejit lewat "Penari", Novia Kolopaking dengan "Asmara"nya, Paramitha Rusadhy dengan "Janjiku", Dessy Ratnasari dengan "Kasihku Yang Hilang", Dewi Yull dengan "Putri", dan Krisdayanti dengan "Kau dan Aku".
Musisi Dan Bisnis Karaoke

Musisi Dan Bisnis Karaoke

Melly Goeslaw baru saja meresmikan pembukaan bisnis karaokenya "MELLY GLOW KTV FAMILY" pada hari Kamis, 12 September 2013 lalu. Melly bukanlah penyanyi pertama yang memiliki bisnis karaoke karena selain Melly sudah ada beberapa penyanyi/musisi lain yang membuka bisnis serupa. Siapa sajakah mereka ?
Musisi Kadang Abaikan Masalah Kesehatan

Musisi Kadang Abaikan Masalah Kesehatan

Dalam satu tahun terakhir, panggung musik Indonesia telah kehilangan sejumlah musisi, dan penyanyi berkualitas. Diantara mereka yang pergi keharibaan Sang Maha Pencipta adalah Ilham (bassist Funky Kopral), Kris Biantoro, Ricky Jo (Emerald band), A. Rafiq (penyanyi dangdut), dan Pungky Deaz (Power Metal).
IJF, Upaya Menghadirkan Jazz yang Indonesia Banget

IJF, Upaya Menghadirkan Jazz yang Indonesia Banget

Kehadiran pagelaran musik Jazz di tanah air, bagi para penggemar Jazz di Indonesia, tentu menjadi moment yang ditunggu-tunggu. Apalagi yang tampil adalah musisi Jazz ternama, baik dalam dan luar negeri. Dari sejumlah ajang yang digelar, panitia-dalam hal ini event organizer- banyak yang menuai sukses. Sponsor banyak yang membanjiri, media massa (termasuk sosial media) ramai membincangkan, belum lagi berbagai bentuk promosi lain yang dibuat dan makin
"Sialannya" Endank Soekamti & "Semprulnya" Superman is Dead

"Sialannya" Endank Soekamti & "Semprulnya" Superman is Dead

Sumpah, saya bukan anggota Kamties (penggemar Endank Soekamti". Sumpah juga, saya bukan anggota Outsiders (penggemar Superman is Dead). Saya di awal mencuatnya band-band ini malah menganggap mereka hanya menang nama yang unik dan cenderung kontroversial. Selebihnya, Endank Soekamti dan Superman is Dead (SID), tidak lebih dari band-band lain yang muncul dan kemudian pelan-pelan angslup [turun layar].
Tentang Iwan Fals dan Lirik yang Kembali Keasal

Tentang Iwan Fals dan Lirik yang Kembali Keasal

Kemarin, saya baru saja menerima kiriman album Iwan Fals terbaru. Album dibungkus dalam kardus lumayan besar, berikut 30 sachet kopi dan majalah musik "Rolling Stones". Sebetulnya, seperti janji Tiga Rambu (manajemen yang menaungi Iwan Fals), pengiriman album "Raya"ini sudah dikirim seminggu sebelumnya, namun karena ada permasalahan teknis, barang baru dikirim satu minggu setelah janji yang dikatakan.
Curhatan tentang  "Liaison Officer"  dari Pelakunya

Curhatan tentang "Liaison Officer" dari Pelakunya

Nama Java Musikindo mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga penggemar panggung hiburan musik di Indonesia. Kiprahnya selama hampir 20 tahun sukses membawa ratusan band-band, termasuk band papan atas, ke Indonesia. Sejumlah artis dan musisi yang berhasil diboyong oleh Event Organizer (EO) dibawah komando Adri