PENSI '83, Ajang Musik yang Didukung Pihak Istana

Kamis, 3 Juli 2014

Salah satu peritiwa musik Indonesia era 80-an, adalah digelarnya "Perjalanan Musik di Indonesia" atau yang disingkat "PENSI" tahun 1983 di Balai Sidang Senayan, Jakarta tanggal 26 November 1983.  Acara ini mendapat banyak dukungan dari kalangan musisi,  termasuk dari pemerintah. Tidak tanggung-tanggung, Istana juga turun tangan men-support acara ini.

Adalah Idris Sardi  yang menggagas acara ini bersama sejumlah  artis dan musisi seperti ; Kris Biantoro, Marini, Koes Hendratmo, Rima Melati hingga Dono Warkop.

Menurut Idris Sardi, PENSI 83 merupakan ajakan kita semua agar bersama-sama menilai sampai sejauh mana perjalanan musik Indonesia menempatkan identitas musik yang ke-indonesia-an.

"Adakah kita telah menemukan identitas musik Indonesia, ataukah musik di Indonesia hanya merupakan alat penghibur yang diselaraskan dengan mode-mode dari luar negeri yang populer, atau dari batasan musik itu yang universal sifatnya," ujar Idris Sardi dalam kata sambutannya saat itu dan sempat dibukukan oleh Panitia.

PENSI '83 bisa dibilang menjadi trobosan penyelengaraan musik di Indonesia, sekaligus refleksi  kiprah musik Indonesia sejak tahun 1940.

Saat panitia penyelenggara bertandang ke Istana dan melaporkan persiapan PENSI, Ibu Negara, Ibu Tien Soeharto, sangat bersemangat dan meminta panitia untuk mengabadikan acara ini yang menurut Tien Soeharto merupakan tonggak penting dari sejarah musik Indonesia. Untuk itu, Ibu negara meminta panitia membuat banyak dokumentasi, mulai dari foto, video hingga buku yang disajikan dalam dwi-bahasa (Indonesia dan Inggris).
 

Untungnya, atas permintaan Tien Soeharto yang cukup mendadak, panitia berhasil menggandeng sejumlah penulis, yakni Suka Hardjana, Remy Silado, Andjar Any dan Franky Raden. Lewat kepiawaiannya menulis,  buku setebal hampir 200 halaman diselesaikan tepat waktu. Ada sejumlah catatan menarik tentang musik Indonesia dalam buku ini, seperti tulisan Darmoyo Sindusawarno tentang "Catatan Perjalanan Musik di Indonesia 1940-1983", kemudian tulisan Remy Silado tentang "Tradisi Musik Populer Indonesia, Pertemuan Unsur Etnis dan Musik Barat, serta karya Suka Hardjana tentang "40 tahun pendidikan Musik di Indonesia".
 

Sejumlah musisi yang tampil di PENSI '83 diantaranya Achmad Albar, Tetti Kadi, Rachmat Kartolo, Kris Biantoro, Elly Kasim, Diana Nasution, Eddie Silitonga, Favourite, Bimbo, Muchsin, Benyamin, Ernie Djohan, Lilis Suryani, Munif, Norma Sanger,  Titiek Puspa dan Husein Bawafie.

Yang menarik, sebelum tampil, para musisi sempat berfoto bersama Ibu Tien Soeharto di Istana Negara. [bbs/lysthano/foto:istimewa]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini