Mahakarya Ahmad Dhani Dewa 19 In Concert

Ribuan Baladewa Nikmati Karya Indah Ahmad Dhani

Jumat, 15 Juni 2012
Ribuan Baladewa Nikmati Karya Indah Ahmad Dhani

"Tadi saya sempat berkaca-kaca," aku Dhani Ahmad Prasetyo atau dikenal sebagai Ahmad Dhani di jumpa pers selepas konser Maha Karya Ahmad Dhani di Jakarta Convention Center pada Rabu, 13 Juni 2012, malam. Peristiwa tersebut terjadi ketika Dewa 19 tampil di atas panggung dengan formasi Ari Lasso, Andra Ramadhan, Dhani serta Yuke dan Agung membawakan lagu "Restoe Boemi". "Saya jadi teringat masa lalu," kenang Dhani.

Ribuan penonton yang hadir tampaknya merasakan keharuan yang sama. Sudah sekian lama mereka tak pernah melihat Ari Lasso tampil di panggung dengan membawa bendera Dewa 19. Akibatnya, penonton pun bersorak gembira dan ikut bernyanyi dengan lantang. Begitu pun ketika akhirnya Once Mekel muncul dan langsung menyapa Baladewa dengan "Arjuna". Suasana semakin pecah.

Tentu saja, bukan hanya Once dan Ari yang dihadirkan untuk membawakan karya-karya apik milik Dhani. Agnes Monica unjuk suara membawakan "Pangeran Cinta" yang malam itu berubah menjadi "Dewi Cinta" serta "Pupus". Vina Panduwinata menyanyikan "Lagu Cinta" dengan sangat baik. Setelahnya, "Di Dadaku Ada Kamu", dibawakan. Lagu tersebut bukan karya Ahmad Dhani, melainkan Dodo Zakaria. Namun pernah dibawakan ulang oleh Ratu ketika formasinya adalah Maia dan Mulan.

"Andai Aku Bisa" dipopulerkan oleh Chrisye dipercayakan untuk dinyanyikan oleh Afghan sebelum menyanyikan "Never Felt This Way" milik Bryan McKnight. Titi Dwi Jayanti kembali menyanyikan "Tak Akan Ada Cinta Yang Lain" yang juga pernah masuk dalam salah satu album miliknya. Sebelumnya, Titi berkolaborasi dengan Mahadewi di lagu "Begitu Benar Begitu Salah" di konser yang diselenggarakan oleh Blackrock Entertainment ini. 

Tiga jagoan Dhani yaitu Al, El dan Dul dibantu oleh dua keponakan membawakan lagu tradisional ala keluarga besar Ahmad Dhani. Sebuah lagu milik grup rock legendaris, Led Zeppelin, berjudul "Black Dog" pun membahana. Disusul dengan sebuah intro lagu rock klasik "The Final Countdown" milik Europe sebelum akhirnya masuk dalam lagu "Superman" yang dinyanyikan oleh The Lucky Laki.

Anak asuh di Republik Cinta Managemen sudah pasti dilibatkan. Selain Mahadewi, masih ada Mahadewa dengan Judika sebagai vokalis utama, serta T.R.I.A.D yang mengusung Dhani sebagai garda depan. Dhani membawakan lagu "Aku Cinta Kau dan Dia" yang termaktub dalam album Ahmad Band.

Biar pun masih hijau dalam dunia hiburan, namun sebuah kesempatan emas diberikan kepada 4 besar finalis Indonesian Idol 2012. Regina berduet dengan Judika menyanyikan "Cinta Mati 1". Lagu "Keabadian" pertama kali dibawakan oleh Reza Artamevia menjadi tanggung jawab yang dinyanyikan dengan baik oleh Sean. Dion bergoyang reggae ketika membawakan "Madu 3". Terakhir, "Cemburu" mengalun lancar dari pita suara Yoda.

"Kamulah Satu-Satunya" dinyanyikan oleh dua mantan vokalis Dewa, Once dan Ari Lasso. Lagu tersebut mengakhiri konser yang berlangsung nyaris empat jam ini. Tentu waktu yang sangat pendek untuk menghambur-hamburkan ratusan lagu yang telah dibuat oleh Dhani. Memang banyak lagu yang tidak dibawakan malam itu. "Karena memang sih banyak lagu saya yang bagus," canda Dhani. Sebuah kepongahan 'kah? Tentu tidak. Karena jutaan penikmat musik di Indonesia sudah diterpa oleh karya-karya bermutunya.

[Yose/IT/foto:Yose]

comments powered by Disqus