Aneka Ragam Interpretasi Blues

Rabu, 17 Oktober 2012
Aneka Ragam Interpretasi Blues

Tak ingin membuat blues menjadi musik "miskin", InaBlues "memperkaya" Djarum Super Jakarta Blues Festival 2012 dengan memberikan kesempatan musisi di luar genre blues untuk berpartisipasi. Hasilnya, penonton yang memadati Tennis Indoor Senayan Jakarta pada Sabtu (13/10/2012) menikmati berbagai interpretasi dan penghayatan terhadap blues.

Tak heran bila penonton disuguhi "Walk This Way" milik Aerosmith yang kemudian diobrak-abrik oleh Run DMC dan dilantunkan Iwa K bersama grupnya, Orsoen. Entah dimana bluesnya, namun inilah "resiko" atas nama interpretasi yang dibebaskan atas blues. Begitu pun NAIF yang menyuguhkan blues ala mereka. Tantri sebagai vokalis KOTAK pun dengan rendah hati meminta maaf kepada penonton yang paham blues bila KOTAK keliru menafsir blues.

Jatah blues rasa "asli" coba digelontorkan oleh Ginda and the White Flowers. Warna rock membalut blues ketika Gugun Blues Shelter tampil. Sementara gaung rock n roll didedahkan oleh The Brandals yang menyertakan kolaborasi dengan Luki Annash, Kartika Jahja dan gitaris senior Donny Suhendra. The S.I.G.I.T pun dengan rock n roll semakin menambah panas siang yang terik. Balawan dengan semangat menggebu menyemburkan lagu-lagu milik AC-DC.

Empat panggung menjadi tempat beraksi para penampil. Red, White, Blues dan Green Stage secara silih berganti dihampiri oleh penonton. Nama-nama lokal yang tampil antara lain Electric Cadilac, Jakarta Blues Connection, The Trees & The Wild, Andre Harihandoyo & Sonic People, Jemima, Endah & Rhesa, TOR, Adrian Adioetomo, FOS, Baron, Stereocase, serta The Experience maupun Baim Trio.

Untuk musisi luar negeri, ada 5 penampil. Selain The Bleu Rascal dari filipina, ada pula gitaris muda berbakat yang terpilih sebagai salah satu Gibson Guitar Top Guitarist 2012 oleh Gibson Guitar dan dinyatakan sebagai the next guitar legend, Davy Knowles. Kemudian ada pula musisi blues asal Belanda mantan personel Focus, Jan Akkerman. Dua musisi blues afroamerika yang membawakan delta blues dan missisipi blues tampil solo dan juga duet. Mereka adalah Bill Sims Jr. dan Guy Davis. Keduanya memuaskan para penggemar tradisional blues.  

Kolaborasi pun tak diharamkan. Gugun diundang untuk berbagi nada dengan Ginda and the White Flowers. Selain bermain berdua, Bill Sims Jr. dan Guy Davis mengajak serta pula pengusung delta blues Indonesia, Adrian Adioetomo.

Paling menarik perhatian adalah kolaborasi InaBlues All Star ketika membawakan "Still Got The Blue" dan "Kompor Meleduk". Selain mengajak David "NAIF" untuk sumbang suara, petikan gitar dimeriahkan oleh 100 gitaris secara serempak.

Djarum Super Jakarta Blues Festival 2012 telah mendapat pengakuan internasional. Bahkan Jakarta dinobatkan sebagai ibukota blues di Asia Tenggara. Ini adalah tantangan untuk kembali menggelar event serupa tahun berikutnya. Tentunya juga dengan inovasi dan gagasan seru lainnya.

Of course, there are a lot of ways you can treat the blues, but it will still be the blues” - Count Basie

[Yose/IT/foto:Yose]  

comments powered by Disqus