Gita Gutawa, Merekah Di Usia Belia

Gita Gutawa lahir di Jakarta, 11 Agustus 1993. Karena hidup di lingkungan musisi, putri dari musisi Erwin Gutawa ini sudah tak asing lagi dengan musik. Sejak kelas 2 SD, Gita sudah mulai belajar bermain piano klasik di Yayasan Musik Jakarta dan ia memperkuat ilmunya dengan mempelajari privat piano jazz dan gitar.

Penyanyi bernama lengkap Aluna Sagita Gutawa ini mengawali karirnya di dunia tarik suara ketika berduet dengan ADA Band di lagu Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) yang dimuat di album ADA Band - Heaven Of Love (2005). Debutnya sukses karena ternyata tak sedikit orang yang menggemari karakter suara sopran yang dimilikinya.

Tahun 2007 Gita meluncurkan album perdananya yang berjudul Gita Gutawa. Album berisi 12 lagu ini diproduseri sendiri oleh sang ayah. Proses penggarapannya dikerjakan di Jakarta, sementara mixing dan masteringnya dilakukan di Sydney , Australia. Beberapa pencipta lagu turut andil di album ini, diantaranya adalah Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Dewiq, Krishna & Donnie ‘ADA band’ hingga Eross Chandra.

Albumnya berhasil meraih Platinum Awards dengan mencapai penjualan lebih dari 150 ribu kopi dalam 4 bulan saja. Hal itu kemudian mengantarkan dirinya sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dan Album Terbaik AMI Award 2008.

Selain solo album, Gita juga melahirkan beberapa singel. Antara lain Jalan Lurus (album 12 Tembang Islami - 2007), Sempurna dan Dua Hati Jadi Satu (OST Love - 2008), serta Tak Perlu Keliling Dunia yang menghiasi album OST Laskar Pelangi.

Sederet prestasi juga diraih oleh Gita, seperti juara di International Nile Song Festival yang digelar di Mesir 29 Januari-3 Februari 2008. Di festival tersebut ia menyanyikan dua buah lagu berjudul 'Alunan Sebuah Lagu dan 'To Be One'. Bulan April 2009 Gita meraih penghargaan A Tribute to Women, sebuah penghargaan untuk 10 perempuan berprestasi dan mampu menginspirasi perempuan Indonesia lainnya.

Tanggal 7 Mei 2009 Gita merilis album keduanya yang berjudul Harmoni Cinta. Di album ini Gita tak hanya menyanyi, namun juga menciptakan lima lagu. Diantaranya adalah lagu Parasit yang merupakan singel unggulannya serta lagu Lullaby yang didedikasikannya untuk sang adik, Rara Gutawa, yang lahir tahun lalu . Beberapa pencipta lagu beken seperti Yovie Widianto, Melly Goeslaw, Dewiq, serta Maia Estianti juga turut menyumbangkan lagu untuk putri musisi senior Erwin Gutawa ini. Gita juga menyanyikan kembali lagu Aku Cinta Dia, sebuah lagu lawas yang pernah dipopulerkan oleh almarhum Chrisye.