SanDisk Corporation Lahirkan Pesaing iPod Nano

Senin, 7 Juli 2008
SanDisk Corporation Lahirkan Pesaing iPod NanoKejayaan iPod Nano untuk pemutar musik  sepertinya bakal meredup, pasalnya SanDisk Corporation, ingin merangsek merebut pasar pemutar musik di dunia. Dibandingkan Ipod Nano, Sansa memiliki kapasitas memori dua kali  dan menawarkan harga sama murahnya dengan iPod Nano.

SanDisk Corporation sesungguhnya bisa dibilang merupakan pesaing kedua setelah Apple di bidang pasar alat pemutar musik di Amerika Serikat (AS). Sansa memiliki kapasitas sebesar 8 gigabytes, yang sama artinya dengan mampu menampung hingga 2.000 judul lagu. Ukurannya sama mungil dengan iPod Nano, bahkan dengan rancangan lebih cantik. Harganya di bawah 250 dolar AS. Bandingkan saja dengan iPod Nano yang hanya berkapasitas 4 gigabytes, tapi memajang harga 240 dolar AS.

Sansa tersedia dalam tipe lain, yakni Sansa 2,4 dengan kapasitas 6 gigabytes dengan harga antara 140-220 dolar Amerika. Komponen yang paling mahal dalam alat pemutar musik adalah memori flash-nya, jelas Eric Bone, direktur produk pemasaran SanDisk seperti yang dilansir AP baru-baru ini. “Setelah kami bisa membuat memori flash sendiri, kami dapat menghemat pengeluaran dan menekan harga.”

SanDisk yang berpusat di California ini merupakan salah satu penyuplai terbesar penyimpan memori flash dan kartu memori. Kini mereka mencoba mengambil pangsa pasar alat pemutar musik. Sementara itu, Apple sendiri masih bekerja sama dengan Toshiba dan Intel untuk penyediaan komponen memori flash-nya.

Selain menyimpan musik, Sansa juga dapat menyimpan foto dan video klip karena didukung dengan layar berwara 1.8 TFT, beserta tombol navigasi yang mudah dioperasikan. Kemasan Sansa ini dibalut dengan lapisan pelindung sehingga tidak mudah tergores. Untuk mengakses musik online, Sansa didukung dengan Microsoft PlaysForSure.[san/itunes]
comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini