Sony NWZ-W270, Mungil Tapi Dahsyat Suaranya

Rabu, 4 September 2013

Membidik segmen para penggemar olahraga, Sony telah merilis Sony NWZ-W series sebagai pemutar mp3 yang bebas dari kabel seperti pemutar musik portabel pada umumnya. Dan kini, Sony kembali menghadirkan inovasinya dengan menghadirkan NWZ-W270 yang tidak hanya bisa diajak berolahraga di darat, tapi juga bisa diajak untuk masuk ke dalam air.

Ciri khas desain Sony Walkman NWZ-Z series masih terlihat di sini. Dengan menggabungkan konsep in-ear headphone dan pemutar musik menjadi satu perangkat, Sony Walkman NWZ-W270 memang ditujukan untuk digunakan bagi pribadi yang aktif dan suka berolahraga. Berkat desainnya tersebut, Anda tidak perlu lagi menggunakan earphone atau in-ear headphone berkabel yang kadang menggangu dan membatasi ruang gerak ketika berolahraga.

Tidak banyak tombol adalam perangkat ini, hanya ada  play, pause, volume, shuffle, lock, dan tombol power di samping kiri kanan bodinya. Untungnya, seluruh tombol yang dimiliki Sony Walkman NWZ-W270 ini berukuran relatif besar dan mudah dijangkau. Jadi walau tidak dilengkapi layar LCD, kami masih dapat memilih lagu atau meningkatkan volume suara dengan mudah.

Mengingat, Sony Walkman NWZ-W270 dirancang untuk dapat masuk ke dalam air, maka Anda tidak akan menjumpai satu pun port konektivitas. Untuk terhubung ke perangkat lain, Sony telah menyediakan sebuah dock yang berfungsi sebagai media untuk mengisi ulang baterai dan menghubungkannya ke PC untuk memindahkan lagu.

Fitur
Untuk mempermudah memilih ratusan lagu di playlist, terdapat fitur ZAPPIN pada Sony Walkman NWZ-W270 ini. ZAPPIN akan memutar bagian chorus dari setiap lagu yang dilewatinya. Apabila telah menemukan lagu yang diinginkan, Anda tinggal menekan tombol play sekali maka perangkat ini akan memutar langsung lagu yang dipilih tersebut. Dengan fitur ini, mencari lagu favorit di playlist akan dapat dilakukan cukup mudah, namun tetap diperlukan kesabaran ekstra jika koleksi lagu yang tersimpan cukup banyak.

Dalam kondisi baterai penuh, Sony mengklaim perangkat ini dapat digunakan untuk memutar musik hingga sekitar 8 jam. Juga terdapat fitur Quick Charge yang amat berguna. Dengan fitur ini, Anda dapat mendengarkan musik lewat perangkat ini hingga sekitar 1 jam hanya dengan mengisi baterainya selama 3 menit saja.

Kemudahan lain yang ditawarkan pada perangkat ini adalah konsep plug and play yang diusungnya. Anda cukup menancapkan perangkat ini ke laptop atau PC maka lagu-lagu bisa langsung disalin ke dalam memori internalnya yang berkapasitas 4GB. Sayangnya, file musik yang kompatibel dengan perangkat ini cukup terbatas. Hanya file musik yang berformat MP3, WMA, AAC-LC, L-PCM saja yang bisa diputarnya.

Performa
Dalam paket pembeliannya terdapat 3 pasang ear-bud, small, medium, dan large. Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan ear-bud berukuran small yang lebih pas masuk ke lubang telinga. Tentunya ukuran ini juga disesuaikan dengan bentuk telinga masing-masing pengguna.

Untuk menguji kualitas suaranya, kami menggunakan beragam lagu dengan format .MP3 pada bitrate 320kbps. Secara keselurahan, kualitas suara yang disajikan cukup baik dengan komposisi bass dan treble yang berimbang. Beragam jenis lagu dari Jazz, pop, hingga R n B dapat disajikan dengan cukup sempurna. Untuk mendengarkan lagu-lagu bergenre jazz seperti How deep is your love dari Sofia, kami bisa menikmati suara vokal dan alunan alat musik pengiring yang terdengar dengan jelas dan cukup detil. Pada lagu-lagu upbeat dari album David Guetta pun, dentuman bass yang disajikan pun cukup pas tanpa mendominasi suara vokal.

Yang paling menarik adalah isolasi suaranya. Dengan earbud berukuran kecil yang lebih masuk ke dalam lubang telinga, kami nyaris tidak bisa mendengar suara dari lingkungan sekitar. Sayangnya ketika masuk ke dalam air dan diajak berenang, in-ear headphonenya terasa agak melonggar dan suara dari lingkungan sekitar menjadi terdengar. Solusi yang cukup memabantu, yaitu dengan menggunakan sebuah karet kecil yang dapat ditemukan pada paket pembeliannya. Dengan bantuan karet ini, posisi in-ear headphonenya dapat terjaga dan cukup efektif untuk menahannya agar tidak longgar keluar dari lubang telinga.

Dengan fitur anti-air yang dimilikinya, Sony Walkman NWZ-W270 memang berhasil menjadi sebuah pemutar musik yang bisa diajak di segala medan baik di darat atau di dalam air. Kualitas suara dan fitur yang ditawarkan memang tergolong standar, tapi inilah satu-satunya gadget terbaik bagi Anda yang gemar berenang. Ditambah dengan harganya yang relatif terjangkau yaitu sekitar Rp899.000, gadget yang satu ini sangat kami rekomendasikan. Untuk alternatif, sepertinya belum ada. [ycanggih/tir/foto:istimewa]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini