Gamelanisasi Yogya, Pemerintah Siapkan 1,1 M

Kamis, 22 Mei 2014

Seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta pada 2014 ditargetkan memiliki peralatan gamelan yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok kesenian untuk berlatih.

"Saat ini, ada lima kecamatan yang sudah memiliki gamelan. Tahun ini, akan diupayakan penambahan agar semua kecamatan bisa memiliki gamelan," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Budi Santoso di Yogyakarta, akhir  pekan lalu.

Ia mengatakan lima kecamatan yang sudah memiliki gamelan, adalah Umbulharjo, Gondokusuman, Danurejan, Jetis, dan Ngampilan.

Pada 2014, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta telah menganggarkan dana Rp1,1 miliar melalui APBD Kota Yogyakarta untuk membeli gamelan.

Gamelan tersebut akan ditempatkan di enam kecamatan, yaitu Gedongtengen, Gondomanan, Mantrijeron, Mergangsan, Tegalrejo, dan Wirobrajan.

"Sedangkan tiga kecamatan lain, yaitu Kraton, Pakualaman, dan Kotagede akan diusulkan untuk memperoleh gamelan dari Pemerintah DIY," katanya.

Namun demikian, kata Budi, peralatan gamelan yang diberikan ke kecamatan tersebut tidak lengkap satu set karena kecamatan harus memilih antara dua jenis gamelan.

"Hanya boleh memilih apakah menginginkan gamelan slendro atau gamelan pelog. Tidak bisa keduanya sekaligus," katanya.

Pada pengadaan 2014, dua kecamatan memilih gamelan pelog dan empat lainnya memilih gamelan slendro.

"Kami sudah menyampaikan paket pengandaan gamelan tersebut ke Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemerintah Kota Yogyakarta. Diharapkan pada pertengahan Mei sudah dapat tindak lanjut lelangnya," katanya.

Berdasarkan rencana umum pengadaan, peralatan gamelan tersebut sudah dapat dinikmati oleh kecamatan mulai pertengahan tahun.

Budi berharap, seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta dapat menjadi semacam "pusat kegiatan seni dan budaya" di wilayah.

"Setiap hari, selalu ada kegiatan kesenian di wilayah meskipun tidak harus selalu memainkan gamelan," katanya yang menyebut ada sekitar 700 kelompok kesenian di wilayah setempat.

Kecamatan yang sudah memiliki gamelan, kata dia, dapat memanfaatkan peralatan yang diberikan tersebut dengan baik. [ant/it-2/foto:istimewa]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini