See You Soon, Album Anyar Balawan

Jumat, 6 Februari 2009
See You Soon, Album Anyar Balawan

Tiga tahun sejak merilis album Magic Fingers, I Wayan Balawan kembali dengan album terbarunya yang bertajuk See You Soon.

Sebuah album yang sangat istimewa tentunya karena selain kembali mengumbar teknik ketukan gitar (tapping) khasnya yang popular disebut eight finger touch style, Balawan juga menghidangkan ramuan musik yang bakal lebih nyaman terdengar di kuping orang banyak. Ada musik, ada lirik. Meminimalisasi penggunaan elemen etnik dan lebih mengarahkan konsentrasi ke komposisi berkontur jazz dan rock. Bahkan, kali ini Balawan juga berani menjajal ruang pop dengan membawakan sebuah lagu karya Dewiq, berjudul Asal Kau Mau.

Dibanding album sebelumnya, Balawan menyebut konsep albumnya kali ini lebih cocok untuk kuping orang Indonesia. Karena selain banyak menyuguhkan lagu berlirik, ia juga memangkas penggunaan efek gitar yang berlebihan. Semuanya diarahkan ke format yang lebih natural dan “manusiawi”. “Dulu saya sering memakai efek synthesizer, tapi sekarang orang akan mendengar suara gitar yang murni. Bahkan kali ini saya juga memainkan gitar akustik. Karena kayaknya orang belum pernah mendengarkan saya memainkannya,” ungkapnya beralasan. Permainan gitar akustik Balawan bisa didengarkan di lagu berjudul nyeleneh, I Don’t Want to Eat Alone Anymore.

Berangkat dari alasan untuk mengaburkan pengaruh etnik, maka penggarapan album ini juga tidak melibatkan Batuan Ethnic, grup yang selama ini lekat menjadi band pengiringnya. Sebagai gantinya, Balawan mengajak sebanyak 23 musisi session berkualitas untuk mematangkan materi lagunya. Dan di antaranya ada konstribusi tiga pemain bas terbaik di Indonesia saat ini, yakni Indro Hardjodikoro, Bintang Indrianto dan Arya Setiadi. “Karena saya butuh pemain yang bisa bikin enak lagu. Dan mereka semua adalah Indonesian bass diva,” cetusnya meyakinkan.

Album yang dirilis Universal Music Indonesia ini tak hanya menyajikan rekaman berformat audio, namun juga dilengkapi dengan DVD guitar lesson dari Balawan. Di video tersebut, Balawan antara lain menunjukkan bagaimana ia memainkan Try to Find You dan Magic Reong Jam, dua lagu yang termuat di See You Soon.

Bagi Balawan, kemasan dengan DVD ini sangat berarti. Ini merupakan salah satu impian besarnya. Balawan ingin sekali membagi ke penggemarnya, atau ke khalayak yang lebih luas, tentang apa yang dimaksud dengan eight finger touch style. “Karena kalau nggak salah, saya yang membawa teknik ini pertama kali ke Indonesia dan memopulerkannya. Supaya orang lebih mengenal dengan jelas tentang teknik tapping yang saya mainkan. Ini semacam pengukuhan saja, tapi penting sekali buat saya,” tegasnya penuh semangat.

Bagi pecinta musik tentu saja album Balawan ini sangat layak dikoleksi, karena dengan harga yang relatif murah kita bisa dapatkan CD+DVD istimewa dari salah satu gitaris terbaik di Indonesia. (pr/bug/pic:facebook)

Track List Album See You Soon :

  1. Prelude
  2. Morning Alarm
  3. Asal Kau Mau
  4. Nature Boy
  5. Andai Kusetia
  6. Magic Reog Jamm
  7. Tak Terganti
  8. Shred Ahead Jazz
  9. Childhood Dreams
  10. I Don't Want to Eat Alone Anymore
  11. Your Love Is
  12. Try To Find You
  13. Like Someone In Love
  14. See You Soon


Diskografi :
Balawan (2001)
GloBALIsm (1999)
Magic Fingers (2005)
Trisum: 1st Edition (2007)
See You Soon (2009) 

comments powered by Disqus