Ellya Khadam, Si "Boneka India" Itu Telah Berpulang

Selasa, 3 November 2009
Kabar duka datang lagi dari dunia hiburan kita. Penyanyi, penulis dan bintang film Ellya Khadam (78) meninggal dunia pada hari Senin (2/11) pukul 20.30 di kediamannya di Jl Kayu Manis II, No. 5, Komplek Pertanian, Citayam, Bogor, Jawa Barat. Rencananya beliau akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo pada Selasa (3/11) siang.

Ellya Khadam dikenal sebagai biduan wanita era 50-an –yang selain pandai menyanyi—juga hebat dalam joget ala India. Bakat dan kemampuannya dalam bernyanyi membawa penyanyi berdarah Betawi singgah kedalam beberapa grup musik di eranya, diantaranya “Cahaya Muda” pimpinan Sarbini.

Diawal karirnya Ellya Khadam juga pernah bernyanyi bersama Titiek Puspa dan Aminah Banowati dalam sebuah pertunjukan di stadion Ikada (kini lapangan Monas), juga di Gedung Kesenian (kini bioskop City). Juga dengan Munif, Muchsin (suami Titiek Sandhora) dan Mansyur S (pemilik OM Rhadesa).

Suara Ellya Khadam untuk pertama kali direkam (lewat Piringan Hitam) pada tahun 1957 lewat lagunya “Sinar Mesra”, ciptaan Husin Bawafie yang kala itu diiringi oleh Orkes Melayu siar Kemala pimpinan A. Kadir. Proses rekaman dilakukan di Surabaya oleh suami almarhumah bintang film Titin Sumarni: Bustari. Namun dari sekian banyak lagunya, “Boneka dari India” yang dirilis tahun 1962 dinilainya paling berhasil. Konon sejak lagu itu, nama Ellya Khadam makin bersinar. Dan sosok jelmaan ”Boneka dari India” pun melekat padanya.

Selamat jalan Ellya Khadam, semoga beliau diterima di sisi-Nya, diterima amal ibadahnya dan diampuni semua dosa-dosanya. (bug)
comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini