Ditinggal Kikan, Cokelat Gaet Finalis Indonesian Idol

Kamis, 15 Juli 2010
Ditinggal Kikan, Cokelat Gaet Finalis Indonesian IdolKabar mengejutkan datang dari Cokelat. Band yang telah berdiri kurang lebih 14 tahun dan merilis 7 album itu ternyata telah ditinggalkan oleh vokalisnya, Namara Surtikanti atau yang lebih akrab dipanggil Kikan sejak bulan Maret 2010 lalu. Tak hanya Kikan, drummer mereka, Ervin Syam Ilyas juga menyusul mundur dari band bulan Juni lalu.

Situasi terkini di tubuh Cokelat ini disampaikan secara eksklusif oleh bassist sekaligus salah seorang pendiri Cokelat, Ronny Nugroho dan gitaris Edwin Marshal Syarif kepada majalah Rolling Stone dan dimuat pertama kali di website rollingstone.co.id.

”OK, kondisi terakhir kini di Cokelat yang tersisa cuma tinggal gue, Edwin dan Ernest. Kikan resigned, sebelumnya kami sempat melakukan workshop untuk lagu baru namun tiba-tiba di tengah jalan, sekitar akhir Maret lalu ia menyatakan mundur dari band. Alasannya, menurut Kikan, ia sudah tidak bisa lagi mengikuti jadwal Cokelat. Kami adalah band yang high tension, setiap minggu jalan terus dan dia merasa keteteran dengan jadwal Cokelat. Kami pun menerima alasannya,” jelas Ronny panjang lebar.

Kondisi yang sedikit berbeda terjadi pada drummer Ervin Syam Ilyas, Ronny menjelaskan, ”Gue juga sedih karena kami tiba-tiba harus kehilangan Ervin juga.  Pada saat Kikan tidak bergabung lagi, ada sesuatu, ini yang gue rasakan ya, Ervin seperti kurang semangat lagi dengan band ini. Mungkin Ervin merasa semangatnya udah hilang. Terus terang gue nggak bisa mewakili dia untuk berbicara tentang hal ini, karena sebenarnya dia nggak resigned juga,” jelas Ronny mengambang. Ketika ditanya lebih lanjut apakah Ervin mundur atau dipecat dari Cokelat, kedua personel Cokelat ini hanya tersenyum. ”Yang pasti kami berpisah,” jelas Ronny.

Untuk mencari pengganti Kikan, ternyata Cokelat secara diam-diam selama beberapa bulan terakhir ini telah melakukan proses audisi vokalis secara tertutup. Menurut Edwin, proses audisi ini diikuti sekitar 100 orang vokalis yang hampir kesemuanya berdasarkan rekomendasi dari teman-teman mereka. Para pesertanya ada yang datang dari Bali, Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan bahkan Surabaya. Bahkan beberapa nama vokalis yang telah cukup eksis di industri sempat mereka ajak untuk jam session di studio.

Dari audisi tersebut yang lolos terpilih sebagai vokalis terbaru Cokelat adalah Sarah Hadju, mantan finalis Indonesian Idol 4 (2007). Sementara untuk posisi drummer hingga kini mereka masih biarkan lowong dan menggunakan additional drummer bernama Otto Pambudi yang juga merupakan drummer band Omelette.

Bersama Sarah Hadju dan Otto Pambudi, Cokelat telah merekam dua single terbaru mereka yang rencananya akan segera rilis dalam waktu dekat. Single bertitel ”Tanpa Rasa” dan ”Yang Berbeda” ini menampilkan Cokelat dalam rasa baru yang sama sekali berbeda dengan lagu-lagu mereka sebelumnya. Rencananya Cokelat akan manggung untuk pertama kalinya dengan formasi baru pada 24 Juli mendatang di Jakarta. (rollingstone/bug/pic:kapanlagi)
comments powered by Disqus