Nidji Akan Rilis Album "Victory" Di Australia

Jumat, 3 Februari 2012
Nidji Akan Rilis Album "Victory" Di Australia
Sebuah langkah besar akan dilakukan oleh Nidji di tahun 2012 ini. Band yang sudah melahirkan 4 album sukses itu berencana meluncurkan album baru mereka, Victory, di Australia. 

Band beranggotakan Giring (vokal), Rama (gitar), Ariel (gitar), Run-D (keyboard), Andro (bas), dan Adrie (drum) itu memang sudah lama melanglang buana di Asia Pasifik. Bahkan di tahun 2008 silam salah satu video klipnya, Shadow, mendapat kehormatan untuk ditayangkan secara eksklusif di website Channel [V]. Namun, ini adalah kali pertama mereka merilis album di negara non Asia. 

Album Victory merupakan bagian dari double album "Liberty Victory" yang digagas oleh band beranggotakan Giring (vokal), Rama (gitar), Ariel (gitar), Run-D (keyboard), Andro (bas), dan Adrie (drum) tersebut. Album Liberty sendiri sudah dirilis akhir tahun 2011 lalu dengan singel andalan "Jangan Takut".
 
Sekilas tentang album Liberty

Single perdana dari album ini berjudul ”Jangan Takut.” Sebuah lagu dengan aransemen ringan dan menjadi penanda perdana dari album ke-4 Nidji yang bertajuk Liberty Victory [2011]. Menurut vokalis Giring, latar belakang penciptaan lagu tersebut bukan sesuatu yang special tetapi makna yang coba sampaikan mungkin bermakna untuk istrinya, Cynthia. ”Disaat karantina kami berenam di Cisarua, saya dan Cynthia sedikit cekcok karena isu kepercayaan. Disaat kekesalan tersebut saya mencoba membuat nada berdasarkan progresi chord yang diberikan oleh teman-teman Nidji. Dan kata-kata pertama yang keluar ialah "Jangan-jangan takut lagi, jangan-jangan takut aku. Ku bukan dia yang tidak setia". Dan inilah yang mendasarkan perkembangan lirik lagu ini.’ Ujar Giring lagi.  

Satu yang menarik di lagu ini menurut Giring adalah konsep aransemen yang lebar dan petikan gitar dari Ariel yang membuat suasana lagu ini semakin nyaman untuk didengar.

Ini juga berlaku untuk komposisi lain di album ini. Menurut Giring pemilihan single ini menjadi pilihan perdana lagu  pembuka untuk  album Liberty Victory bukan sesuatu yang mereka perkirakan. ”Karena ini salah satu lagu kesukaan kami dan biasanya lagu favorit kami tidak pernah di jagokan hehehe. Jadi mudah mudahan lagu ”Jangan Takut” akan menjadi awal yang baik untuk album terbaru kami,” kata Giring. 

Diakui oleh gitaris Rama single "Jangan Takut" ini adalah kembalinya energi Nidji yang hilang. Lagu simple dengan medium beat, notasi dan lirik mudah diingat dan umum. Drummer Adri menambahkan notasi lagu dan aransemen yang dikerjakan Nidji dan liriknya oleh Giring. Video klip lagu ini disutradarai oleh Rizal Mantovani.

Lagu paling emosional di album ini ada pada ”Lagu Cinta.” Lagu yang diawali dengan suara gitar akustik yang teduh dan melenakan. Lirik yang berhasil dibawakan dengan nyaman oleh Giring, ”Kau sempurnakan hidupku. Sejak pertama bertemu. Dengan menatapmu. Aku langsung tahu. Ku cinta padamu...”

Satu yang unik dari segi aransemen di album ke 4 Nidji ini unsur keyboard lebih dominan dengan sound-sound  baru yang diciptakan oleh Run-D. Terbukti lagu-lagu di album baru Nidji  ini bagian lead lagu banyak yang diisi Run-D, yang biasanya diisi oleh gitar.  Misalnya saja komposisi ”Save Me” tampil indah dengan pendekatan musik yang menjadi khas musik Nidji. Suara keybord yang menerawang dan sisipan gitar yang manis di sela vokal Giring yang meneriakan reffrain ”Save Me” menjadi ciri unik dari komposisi ini. 

Lagu unik lain di album Liberty ada di lagu ”Bebe” dimana giring melakukan experimental lewat efek auto-tune di lagu ini. Komposisi ”Bebe” hadir dengan sentuhan new wave 80’s yang lekat ini menjadi salah satu perubahan musikalitas Nidji di album ke-4 mereka ini. Lagu yang dahsyat! Itu yang rata-rata pendapat mereka ketika menyimak pertama kali kompoisisi ”Dusta”. Lagu ini menjadi salah satu elemen kuat di album ini. Pendekatan vokal Giring dengan sapuan gitar yang dimainkan Ariel dan Rama menjadi magnet kekuatan lagu ini. Pula dengan paduan kompak dari drummer Adri dan bassis Andro.

Diawali intro sequencer yang berkumandang lagu ”Bosan” berlanjut dengan efek-efek yang menarik di lagu ini. Nidji mencoba melakukan eksplorasi dan eksperimental lain. Komposisi ”Jatuh” tampil laidback. Menjadi lagu yang ringan dan membuat kita merasakan vokal Giring yang mengalami kemajuan. Dalam hal ini porsi antara Giring [vokal], Rama dan Ariel [guitar], Adri [drum], Andro [bass] dan Run-D [keyboard] tampil merata.  

Sementara komposisi ”Saturday Night” menjadi salah satu progresi kemajuan yang dihasilkan di album ini oleh Nidji. Dengan aransemen cerdas dari Nidji namun berani Nidji memasukan elemen new wave lebih mature dibandingkan lagu-lagu sebelumnya. Ini juga jadi komposisi yang keren dari Nidji. Lagu dengan energi positif bertajuk ”Bebas untuk Menang” menjadi kekuatan di album ini. Pula tentu saja dengan dengan ”Indahnya Cinta” yang sangat romantis itu. 

Album Liberty dari Nidji adalah estafet musikal dari enam anak  muda yang tergabung dalam band penerus masa depan musik Indonesia dibawah bendera Nidji ini. Sebuah kumpulan energi baru siap bersinar dan terpancar keluar di album ini, disusul dengan peluncuran album Victory yang akan menjadi kado musikal bagi Nidjiholic dan tentu saja bagi penikmat musik Indonesia (musica)

comments powered by Disqus