"Kulit" Baru NOAH

Senin, 24 September 2012
"Kulit" Baru NOAH

Di halaman muka kemasan album terbaru NOAH, Seperti Seharusnya, terlihat masing-masing personel wajahnya tercoreng. Bila dilihat di bagian dalam, terlihat pula foto-foto personel yang terbelah menjadi dua orang. "Itu seperti menggambarkan kita lepas dari kulit yg lama (untuk menjadi sosok baru) dan ini pas banget sama kita," terang Ariel mengenai konsep artistik tersebut.

Seolah ingin menjadi sosok baru setelah mengusung nama baru, album baru pun dirilis pada Sabtu, 22 September 2012, di Planet Hollywood. "Metamorfosa" pun dialami dalam proses produksi album yang tertunda dua tahun peluncurannya tersebut.

Terbengkalai selama dua tahun tentu materi yang ada harus kembali "diremajakan". "Kita meng-update sound-sound di dalamnya dan dan menambah dua lagu baru," terang David seraya menambahkan bahwa perubahan mencapai 60 persen. Dua lagu tambahan tersebut adalah "Terbangun Sendiri" dan "Tak Lagi Sama".

NOAH pun membuka diri memberi kesempatan dalam penulisan lirik. Bila Ariel sebelumnya lebih mendominasi dalam departemen lirik, kini David serta Ihsan turut andil menyumbangkan lirik. Ada pula beberapa nama musisi, yang enggan disebut oleh Ariel, ingin membantu penulisan lirik. Hal ini terjadi pada lagu "Hidup Untukmu Mati Tanpamu".

Lagu tersebut sudah ada semenjak album Hari Yang Cerah dirilis. Namun selama dua tahun Ariel mengalami writers block, membuat Indrawati Wijaya atau Ibu Acin mengajukan usul. Usul tersebut yang kemudian disepakati bersama adalah melibatkan orang lain untuk mengisi liriknya. Ryan DMasiv pun didaulat. "Sempat aneh, karena gaya bahasa yang berbeda," ucap Ariel.

Lirik pun mulai merambah pada nilai kebangsaan. Hal ini terpatri dalam lagu "Raja Negeriku" yang melibatkan paduan suara dari Kebon Waru serta dihiasi oleh cuplikan pidato-pidato Bung Karno. NOAH pun kembali mengusung lagu lama milik Chrisye, "Sendiri Lagi", dengan tempo yang lebih dinamis dibandingkan dengan versi originalnya.

Ibu Acin pun berharap album perdana NOAH bisa mengalahkan penjualan album Peterpan. Tidak tanggung, angka 3 juta kopi menjadi sasaran utama. Untuk itu, Musica Studio memutuskan bekerja sama dengan Swara Sangkar Emas dan Kentucky Fried Chicken. "Atas kerjasama ini, peredaran CD harapan ke depan, tentu semoga kita bisa kembali mem-breaking sales NOAH. Kita berharap tiga juta untuk NOAH," harapnya optimis.

Ketika disinggung NOAH tampak tergesa-gesa, dibantah dengan tegas oleh Ariel. Dijelaskannya bahwa semua sesuai dengan target rencana yang ditetapkan oleh Musica Studio. "Jadi (semua kegiatan) menjadi padat sekali," terangnya.

Bagi Ariel dan teman-temannya di NOAH, bukanlah sebuah kebetulan mereka bertemu dengan Musica dan KFC yang memberikan kesempatan. NOAH hanya ingin bangkit lagi berkarya dengan melibatkan semua untuk berperan. Kenapa semangat tersebut bisa muncul? "Untuk terjatuh saja sudah contoh yang tidak baik, apalagi kalau diam. Kembali berdiri tegak akan memberi contoh yang baik," tutur Ariel mencoba berfilosofi.

[Yose/IT/foto:Yose]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini