Stiletto, Sebuah Ajakan Mengenal Musik Tradisional

Rabu, 22 Mei 2013

Ada banyak cara memperkenalkan anak-anak terhadap musik, salah satunya adalah kegiatan yang digelar mahasiwa Program Internasional, Fakultas Ilmu Komunikasi FISIP UI lewat ajang "Social, Charity, Culture and Education" atau yang dikenal dengan "Stiletto".

Bekerja sama dengan sejumlah organisasi, panitia berharap, visi dan misi kegiatan bisa sampai kepada masyarakat luas. Misalkan dengan menggandeng "KunoKini",  panitia mengajak puluhan anak disekitar kampus UI untuk mengunjungi "Rumah Baca FISIP". Selain diperkenalkan dengan dunia pustaka, anak-anak juga diperkenalkan dengan musik tradisional Indonesia.  Tidak hanya itu, dengan membentuk dua kelompok, anak-anak diperkenankan untuk mencoba memainkan beragam alat musik, seperti Djembe, Rebab, Angklung.

Seperti dilansir laman situs,  Stiletto merupakan perpaduan kegiatan sosial dan pendidikan serta amal dalam rangka membantu masyarakat untuk mengenal budaya. Tidak hanya itu, dalam ajang tersebut panitia juga memfasilitasi, para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mendapatkan beasiswa. Untuk itu, panitia Stiletto menggandeng lembaga pendidikan yang juga memberikan beasiswa yang berbasis di Australia.

Dalam hal kegiatan sosial, panitia menggandeng "Rumah Baca FISIP UI" untuk menggalang donasi buku yang nantinya akan diberikan kepada yang membutuhkan dan untuk melengkapi koleksi perpustakaan di rumah baca tersebut.

Nah, yang tidak kalah seru dalam Stiletto 2013, juga digelar kompetisi band bagi anak-anak SMA. Sejumlah lagu yang disiapkan panitia merupakan lagu daerah, seperti ; Kampuang Nan Jauh di Mato (Sumatera Barat), Ayo Mama (Maluku), Nona Manis Siapa yang Punya (Maluku), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan), dan  Gundul Pacul (Jawa Tengah).

Stiletto akan diselenggarakan pada tanggal 24 Mei 2013 dari pukul 14.00 WIB sampai 21.00 WIB di area parkir FISIP UI di Depok. Selain ada hiburan musik, juga ada booth bazar loh! So, Dont Miss It. [stiletto/cinmi/foto:istimewa]

 

comments powered by Disqus