Idang Rasjidi akan "Harmonisasikan" Jazz dan Dangdut

Selasa, 15 Oktober 2013

Bagi musisi Jazz kawakan, Idang Rasjidi, sebuah irama bisa mengalir menjadi apa saja. Dia menyebutnya dengan bahasa "harmonisasi". Untuk itu, dalam setiap kesempatan dia kini tengah mencoba meng-harmonisasi irama dangdut dengan jazz. "Dangdut dan Jazz bisa disatukan dengan bahasa harmonisasi," katanya di Jakarta kemarin (14/10).

Menurutnya, dangdut merupakan musi yang asyik meski buka berasal dari budaya Indonesia. "Dangdut merupakan musik yang sangat bagus dan bisa masuk ke semua golongan masyarakat," ujarnya.

Rencananya, perpaduan  ini akan dimainkan dalam ajang pagelaran musik jazz, JakJazz di Istora Senayan, 18 - 20 Oktober mendatang.   "Saya akan tampil bersama anak dari Desa Petaling, Bangka. Namanya Yendri Blacan," kata Idang. Selain Yendri Blacan, Idang juga menggandeng pemain bas anak-anak berasal dari Lampung, Samuel.

Pengisi acara, antara lain Ireng Maulana & Friends (Indonesia), Rene Van Helsdingen (Belanda), Margie Segers, Jeremie Tordjman (Prancis)), Idang Rasjidi (Indonesia), Lica Cecato (Brazil), Indra Lesmana (Indonesia).

Selain itu, Leswis Pragasam-Asia Beat-Richard Jackson (Malaysia/Amerika Serikat), Kiboud Maulana, Xiong Lee (Malaysia), Ermy Kullit, Afronesia feat Helga Violin (Afrika /Hongaria), Mus Mujiono, Endah N. Rhesa, Once Mekel, Abdul & The Coffee Theory. [bbs/sir/foto:istimewa]

comments powered by Disqus