"Song Book I", Dokumentasi Karya Terbaik Ian Antono

Kamis, 3 April 2014

Ian Antono Song BookGitaris legendaris Indonesia, Ian Antono, merilis album "Song Book I" yang berisi karya-karya terbaiknya selama berkarir di dunia musik Indonesia. 

“Selama berkarier di musik, saya tidak pernah mendokumentasikan karya cipta saya dalam bentuk apa pun. Sampai kewalahan untuk mengingat-ingat dan mengumpulkan karya ciptaan saya sendiri,” ungkap Ian Antono.

Song Book I sendiri berisi sepuluh lagu, sembilan lagu lawas dan satu lagu baru dengan menghadirkan lima penyanyi. Salah satunya adalah Syaharani yang menyanyikan singel perdana dari album ini, yaitu “Uang”.

Syaharani memilih sendiri lagu tersebut untuk dinyanyikannya. Ia menyusul Happy Pretty, Nicky Astria, dan Cokelat yang sudah lebih dulu membawakan ulang “Uang”. Lagu ini pertama dibawakan oleh Duo Kribo pada album soundtrack film Panggung Sandiwara di tahun 1978.

Penyanyi-penyanyi lain yang menghiasi Song Book I antara lain adalah Roy Jeconiah yang memilih lagu “Kepala Dua” dan “Neraka Jahanam” serta Koming Surya—penyanyi yang ditemukan Ian Antono di Seminyak, Bali—yang membawakan lagu “Gersang” dan “Saksi Gitar Tua”.

Ada pula Rezi Pratomo yang berkesempatan berduet dengan Ian Antono—untuk pertama kali dalam sebuah album, menyanyikan lagunya sendiri—pada lagu baru berjudul “Suara Cinta”. Tak ketinggalan Anindimas yang membawakan lagu “Lari”, soundtrack film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) yang membuat Ian Antono menerima Piala Citra pada Festival Film Indonesia 2010 untuk kategori Penata Musik Terbaik.

Ian Antono juga tampil solo dalam 2 track instrumental, yaitu “Kepada Perang” dan “Setan Jalanan”.

Setelah Song Book I, Ian Antono akan melanjutkan dokumentasi karyanya lewat Song Book II, III dan seterusnya. (bbs/bug)

comments powered by Disqus