Tohpati : Pemerintah Harus Turun Tangan Bantu Musik Tradisional

Senin, 12 Mei 2014

Sebagai seorang musisi, Tohpati sangat mengedepankan musik tradisional agar tak hilang dimakan jaman. Gitaris kenamaan Indonesia itu ingin, tak hanya dirinya yang peduli akan kelestarian musik Tanah Air. Pemerintah juga harus campur tangan mengenai hal ini.

"Nggak hanya tari saja yang harus berkembang, musik juga harus berkembang. Berharap pemerintah bisa suport karya anak bangsa," kata Tohpati saat ditemui dalam Festival Mahakarya Indonesia di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat (9/5/2014).

Menurut sahabat Balawan dan Dewa Bujana itu, kalau musik Indonesia sangatlah beragam dan tak sepeti musik-musik dari negara lain. Untuk itu ia mencoba memadukan antara musik tradisional dengan musik yang sedang berkembang saat ini.

"Menurut saya itu kelebihan kita dari musisi-musisi dunia. Jadi saya mengkolaborasikan notasi musik tradisional dengan modern," jelasnya.

Untuk itu, apapun yang berbau dengan seni dan budaya Indonesia, Tohpati akan selalu antusias untuk ikut melestarikannya. Karena, dirinya akan selalu bangga saat memainkan musik negeri sendiri.

"Saya senang yang berhubungan dengan tradisi karena saya bangga dengan budaya Indonesia," katanya. [Lip6/c2/foto:istimewa]

comments powered by Disqus