Ultah Ke-19, NAIF Gelar Artwork Project & Luncurkan Buku!

Senin, 17 November 2014

NAIF - Artwork ProjectUlang tahun NAIF ke-19 tahun ini akan ditandai dengan sebuah Artwork Project dan peluncuran buku berjudul "Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada di Seluruh Dunia". Acara ini akan diadakan pada tanggal 27 November hingga 5 Desember 2014 di RURU Gallery, Jl. Tebet Timur Dalam Raya 6, Jakarta.

Untuk Artwork Project yang juga diberi tajuk "Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada di Seluruh Dunia", NAIF berkolaborasi dengan RURU SHOP. Proyek ini merupakan bagian dari program Artwork Project yang diadakan oleh RURU SHOP setiap tahun secara berkala dengan cara mengundang para perupa untuk membuat karya dengan tema dan material yang spesifik.

Selain itu ada pula Program Artist Merchandise yang mengundang perupa untuk berkolaborasi membuat produk sesuai ciri khas mereka. Kedua program tersebut merupakan kegiatan yang bersifat menyenangkan, bermain-main namun tetap konseptual. RURU SHOP telah membuat berbagai project seperti Art Book Project, Mix Tape Project dan yang terakhir adalah Artwork Project BegadangNeng? Dan Artist Merchandise “The Popo X Woof”. 

Seperti biasanya, RURU SHOP selalu berusaha mencari tema dan material yang berbeda dalam setiap projeknya, dan untuk projek kali ini mereka tertarik untuk mentransfer kekuatan lagu dan lirik lagu-lagu NAIF menjadi sebuah karya visual. Bukan hanya sebagai ilustrasi tetapi karya yang dihasilkan mungkin bisa menghasilkan makna baru. 

RURU SHOP mengundang Sembilan belas perupa yang telah dikenal memiliki keahlian dalam bidang visualnya masing-masing, yaitu Agugn, Amenkcoy, Bondee, Edita Atmaja, Emte, Gooodit, Hauritsa, Henry Foundation, Ika Vantiani, Jayu Julie, Jimi Multhazam, Ricky Si Malau, Mushowir Bing, Marishka Soekarna, Oomleo, Sari Sartje, Sir Dandy, The Popo, Uji Hahan. Beberapa perupa memang memiliki kedekatan hubungan dengan NAIF: Bondee, Hauritsa, Henry Foundation, Mushowir, serta Ricky Si Malau yang berasal dari kampus Institut Kesenian Jakarta. Sementara beberapa perupa lain seperti Gooodit, Ika Vantiani, Sari Sartje, Sir Dandy, dan The Popo sudah sangat dikenal lewat karakteristik karya masing-masing. 

Dalam kegiatan ini setiap perupa diminta untuk memilih dan merespon lagu-lagu NAIF, lalu membuat karya dengan medium dan tehnik keahliannya masing-masing. Beragam teknik dari mulai kolase, drawing, cat air, digital sampai instalasi di pilih perupa sesuai konsepnya. Semua karya akan menjadi bagian dari buku yang juga di terbitkan dengan judul "Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada di Seluruh Dunia". Buku tersebut akan di luncurkan pada waktu yang sama dengan pameran. 

Berikut ini jadwal acaranya :

  • Pembukaan:
    Kamis, 27 November 2014 Pukul 19.00 – 22.00
    Di RURU Gallery,
    Jl. Tebet Timur Dalam Raya 6,
    Jakarta 12820

    Penampilan istimewa oleh : NAIF
  • Pameran:
    27 November – 5 Desember 2014
    12.00 – 21.00 WIB

Tentang ruangrupa 

Ruangrupa adalah sebuah organisasi seni kontemporer yang didirikan dan berbasis di Jakarta sejak tahun 2000. Ruangrupa mendukung perkembangan seni dengan konteks budaya spesifik di Indonesia melalui penelitian, pendidikan, dan dokumentasi; serta menjalin kolaborasi dan kerjasama dengan para seniman dan praktisi multi disiplin melalui penyelenggaraan pameran seni, festival, laboratorium seni, lokakarya, riset, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal online. www.ruangrupa.org. 

Tentang RURU SHOP 
RURU SHOP atau ruangrupa shop adalah tempat menampung dan menjual berbagai benda-benda artistik yang diproduksi oleh ruangrupa dan teman-teman. Ruru Shop berdiri pada tanggal 14 Februari 2010, menempati bagian sisi kanan rumah ruangrupa. Pada Oktober 2013, Ruru Shop menempati bangunan baru yang didirikan di halaman depan ruangrupa. Ruru Shop adalah divisi komersial dari ruangrupa yang awal mula tujuannya adalah membantu teman-teman perupa mendapat penghasilan tambahan lewat berjualan merchandise. Pada perkembangannya, terdapat berbagai produk di Ruru Shop seperti tas, kaos band, CD, kaset, buku, pernak-pernik dan barang-barang eksentrik lainnya. (pr/bug)

comments powered by Disqus