Iwan Fals Didapuk Menteri Jadi "Duta Desa"

Rabu, 17 Desember 2014

Penyanyi Iwan Fals didapuk menjadi "Duta Desa" oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Ja'far. Menteri menemui musikus Iwan Fals di kediamannya di Desa Leuwinanggung, Tapos, Depok, Selasa, 16 Desember 2014.

Dalam kesempatan itu,  Marwan mengungkapkan rencana kementeriannya menciptakan sebuah lagu mars desa dan mempercayakan pembuatan aransemennya kepada Iwan Fals. "Saya meminta Iwan Fals menjadi duta desa," kata Marwan.

Menurut Marwan, pemilihan Iwan Fals sebagai duta didasarkan atas prestasi Iwan Fals dibidang musik, sekaligus kepedulian Iwan Fals kepada lingkungan dan alam sejak pertama kali menjadi musisi. Kementerian pun ingin menggandeng Iwan dalam agenda sejumlah festival di desa yang potensial. "Nantinya akan banyak event di desa-desa," katanya.

Menanggapi hal itu, Iwan mengaku bangga dan terhormat karena dipercaya menjadi duta desa. Namun Iwan belum bisa menjawab karena harus berunding dengan manajemennya dulu. "Mohon maaf, saya tidak bisa menjawab sekarang," ujar Iwan.

Iwan mengutarakan harapannya agar program pemerintah tidak merusak desa. Program-program yang akan dicanangkan Kementerian, kata Iwan, harus melahirkan pendidikan bagi masyarakat secara luas. "Saya akan berusaha mencapai target dalam kebaikan," kata Iwan.

Iwan juga menanyakan anggaran yang akan dipakai untuk menyelenggarakan festival di desa-desa itu. Dia takut anggaran acara itu termasuk dalam anggaran Rp 1,4 miliar yang akan diberikan kepada desa. "Saya takut karena ini Iwan dipanggil oleh KPK," katanya sambil tertawa terbahak-bahak. Namun Marwan mengatakan dana tersebut bukan termasuk dana Rp 1,4 miliar untuk desa. Dana akan dialokasikan pada anggaran lain yang akan dibahas oleh tim Kementerian. [Tco/c2/foto:istimewa]

 

comments powered by Disqus