Rinto Harahap dalam Kenangan Para Musisi

Rabu, 11 Februari 2015

Meninggalnya musisi   kawakan Indonesia, Rinto Harahap (65),  di sebuah rumah sakit di Singapura, Senin malam lalu,  pukul 21.15 WIB, meninggalkan duka yang mendalam. Tidak hanya bagi keluarganya, insan pecinta musik Indonesia juga ikut merasakan kepedihan.

Beberapa saat setelah kepergiannya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengungkapkan rasa dukanya dengan  menulis di akun Twitter @Triawan, "Telah wafat, Rinto Harahap Pk 21.45 WIB di RS Mount-E, Singapore. Jenazah akan dibw ke jkt besok. Smg kel. yg ditinggalkan diberi kekuatan."

Produser musik, Log Zhelebour lewat twitternya   @LogZhelebour juga turut berbelasungkawa ;  "Turut belasungkawa yg mendalam atas wafatnya sahabat, musisi legendaris The Mercy's - Rinto Harahap, semoga arwahnya diterima disisi Allah." begitu tulis Log

Musisi dan juga gitaris Tohpati melalui @tohpati menulis "turut berduka cita sedalam dalamnya ..selamat jalan Rinto Harahap.." Tohpati pernah menggarap album bertajuk "Masterpiece of Rinto Harahap", dengan menggandeng penyanyi-penyanyi muda seperti Ello, Maia, Andi/Rif, dan Astrid.

Sementara itu Melly Goeslaw di akun Instagram menulis, "Almarhum bang Rinto Harahap adalah seorang seniman musik yang sangat peduli terhadap nasib seniman lain khususnya pencipta lagu."

"Dalam keadaan yang kurang sehatpun almarhum masih ikhlas berjuang bersama kami, memperjuangkan agar pencipta lagu di negri ini bisa mendapatkan HAK yang pantas," tambah Melly.

Penyanyi dan pemandu acara Bob Tutupoly mengenang mendiang Rinto Harahap sebagai pribadi yang rendah hati.

"Kenangan paling membekas dari sosok Rinto itu kerendahan hatinya. Dia dulu sempat minta 'Bob sings to Rinto Harahap', tapi belum terlaksana," kata Bob di kediaman Rinto Harahap di Jalan Bango 2 No.22, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut Bob, Rinto termasuk pencipta dan penggubah lagu yang produktif serta selalu menciptakan lagu-lagu yang mengena di hati pendengar musik.

"Lagu yang dia ciptakan selalu mengena. Selalu jujur," kata Bob, yang terakhir bertemu Rinto saat perayaan ulang tahunnya.

Rinto Harahap meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Singapura pada Senin malam pukul 22.15 WIB.

Jenazah Rinto sampai di rumah duka   sekitar pukul 20.18 WIB dan  dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Kampung Kandang, Pondok Labu, Jakarta Selatan, selasa siang  kemarin.

Rinto meninggalkan satu istri, Lily Kuslolita, dan tiga orang putri, Cindy Claudia Harahap, Mita Harahap dan Astrid Harahap. [bbs/c2/foto:istimewa]

 

comments powered by Disqus