Rieka Roeslan Ajak Anak Muda Kembali Ke Pancasila

Selasa, 17 Maret 2015

Penyanyi pop Rieka Roeslan kini memiliki kesibukan baru didunia tarik-suara, ya kini dia sibuk mengajak anak muda untuk cinta Pancasila. "Cinta Pancasila sama halnya dengan cinta pada diri sendiri," ujar Rieka dalam konferensi pers Gerakan Cinta Pancasila di Jakarta, Senin.

Menurut Rieka, Pancasila merupakan kepribadian bangsa yang harus terus dijaga. Di dalam Pancasila tersimpan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Tapi sayangnya, lanjut dia, generasi muda semakin terjerumus dalam budaya asing akibat derasnya informasi yang masuk. "Pancasila itu 'filter' agar kita tetap menjadi diri sendiri," tegas dia.

Disinggung mengenai minimnya lagu-lagu yang membangkitkan nasionalisme, mantan personel The Groove itu mengaku sangat prihatin.

"Kita tidak hanya kekurangan lagu anak-anak, tetapi juga lagu-lagu yang membangkitkan nasionalisme," cetus dia.

Rieka berjanji akan menulis lagu untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda pada Pancasila.

Penggagas Gerakan Cinta Pancasila, Emma Holiza, mengatakan gerakan itu merupakan gerakan perubahan besar yang dicetuskan Diatam Communications.

"Kami mendapat dukungan dari Kemdikbud, Disdik DKI, Mabes Polri, dan Klinik Pancasila," jelas Emma.

Gerakan itu memiliki pesan untuk mengembalikan nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam lima sila Pancasila dengan pendekatan dan bahasa yang mudah dipahami anak muda.

Tahap awal, dipilih 50 sekolah yang harus ikut berpartisipasi dan menjadi contoh bagi daerah lain. [ant/c2]

comments powered by Disqus