Pay, Sandy Canester & Dede Kumala Kolaborasi Di Lagu "Cublak-Cublak Suweng"

Kamis, 23 Juli 2015

PSD - Cublak Cublak SuwengTepat di Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (23/7), grup PSD yang terdiri dari tiga musisi yaitu Pay Burhan, Sandy Canester dan Dede Kumala meluncurkan singel "Cublak-Cublak Suweng".

Siapa yang tak mengenal lagu permainan tradisional itu? Hampir semua orang dewasa mengenalnya dengan baik. Tapi apakah "Cublak-cublak Suweng" juga dikenal baik oleh anak-anak?

Hal inilah yang menggerakkan hati musisi Pay, Sandy dan Dede untuk membuat sebuah proyek musik bernama PSD ini. Ketiganya berkolaborasi dan mengaransemen ulang lagu daerah tersebut.

"Kurang adanya perhatian untuk anak-anak sekarang ini. Harusnya mereka sering diperkenalkan dengan musik tradisional Indonesia. Apa yang anak-anak masa lalu bisa nikmatin harusnya tetap bisa dinikmati anak-anak masa kini. Masalahnya tinggal kemasannya seperti apa," ujar Pay yang juga gitaris band BIP tersebut.

Komentar senada juga dilontarkan Sandy dan Dede. Keduanya sangat menyayangkan jika generasi muda saat ini lebih mengenal lagu-lagu dari film mancanegara ketimbang lagu dari Tanah Air. Lagi pula, lagu-lagu dolanan daerah memiliki pesan tersirat yang sangat bermanfaat.

"Cerita aslinya yang gue tahu, lagu ini liriknya dibuat oleh Sunan Giri. Dari liriknya, ia mengingatkan agar kita jangan terlalu banyak bicara tanpa ada hasil yang akhirnya hanya akan menjadi bahan guyonan saja," jelas Sandy Canester.

Pay, Sandy & Dede berharap, karya mereka bisa jadi sebuah kado manis untuk seluruh anak Indonesia agar tidak melupakan tradisi. (pr/bug)

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini