Minim Dana, ASEAN Jazz Festival di Batam Dibatalkan

Sabtu, 10 Oktober 2015

Pemerintah meniadakan sejumlah agenda pariwisata di Kota Batam Kepulauan Riau, termasuk pagelaran ASEAN Jazz Festival yang selalu menarik perhatian pecinta musik manca negara setiap tahunnya.

"Tahun ini tidak ada ASEAN Jazz Festival, pemerintah pusat tidak menyiapkan anggarannya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Sabtu.

Sejumlah kegiatan pariwisata lain yang ditiadakan pada tahun ini antara lain Sea Eagle Boat Race dan balap sepeda Tour de Barelang.

Pemerintah juga menghapuskan dukungan dana untuk kegiatan yang diadakan swasta seperti Strait Regata.

Menurut Yusfa, tahun ini pemerintah pusat lebih fokus dalam promosi pariwisata, sehingga dana yang biasanya dianggarkan untuk kegiatan kini dialihkan untuk belanja iklan dan promosi.

Pemerintah daerah juga mengurangi anggaran untuk Dinas Pariwisata secara keseluruhan, sehingga banyak kegiatan harus dipangkas.

Meski batal digelar, Yusfa optimistis angka kunjungan wisman bisa digenjot pada akhir tahun. Namun, kabut asap yang melanda kota sejak pertengahan Agustus membuat kunjungan wisman berkurang.

Bahkan, dua kegiatan bertaraf internasional yang seharusnya dilaksanakan di kota itu pada September dan Oktober ini terpaksa dibatalkan karena kabut asap.

"Dua event internasional gagal, orang asing sensitif dengan masalah kesehatan," kata Yusfa.

"Batam kehilangan potensi kedatangan 500 orang wisatawan manca negara yang seharusnya datang dalam kegiatan itu," tambahnya. [ant/c2]

 

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini