"Suara Anak", Pendidikan Anti Korupsi Lewat Lagu

Jumat, 15 Januari 2016

suara anakDalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Internasional 2015 yang diselenggarakan di Bandung, lembaga budaya anak dan remaja Jendela Ide menggagas sebuah program bernama "Suara Anak". Program yang dilakukan sebagai salah satu bentuk pendidikan anti korupsi sejak dini tersebut menggunakan lagu sebagai media pendekatan.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui model workshop selama 1,5 bulan, dimana anak-anak sebagai peserta difasilitasi mulai dari pembuatan lirik dan melodi hingga lagu tersebut utuh menjadi sebuah materi yang layak didengar. Peserta workshop berjumlah 25 anak berusia 5 hingga 13 tahun, yang berasal dari berbagai komunitas di Bandung, yaitu Jendela Ide, Kompan, Parental, Home Schooling, dan Rumah Bintang. Sedangkan fasilitator program ini adalah Sarita, Doly H, Yudha, Baya dan Arum yang dikenal sebagai pemusik Indie, dengan music director Djaelani, seorang pengajar jurusan musik di Universitas Pasundan.

Hasil dari workshop ini adalah empat buah lagu yang diharapkan bisa menjadi oase di tengah minimnya lagu anak berkualitas di dunia musik Indonesia pada saat ini. Keempat lagu hasil karya anak-anak tersebut setelah diaransemen menjadi 2 suara akan dinyanyikan oleh paduan suara SD Santa Melania Bandung, yang telah berpengalaman dan mendapat berbagai penghargaan. Dibawah pimpinan Ibu Ritha dan Ibu Sri paduan suara tersebut menjadi bagian dari suara anak dalam memeringati hari anti korupsi internasional.

Empat lagu tersebut adalah Pergi Ke Sekolah, Pergi Ke Gunung, Pengembala Domba, dan Udara. Kunjungi laman https://soundcloud.com/user-632454835 untuk mendengarkan lagu-lagunya! (pr/bug)

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini