PSM Polban Wakili Indonesia Dalam Kompetisi Paduan Suara Di Thailand

Selasa, 24 Mei 2016

Hariring ParahyanganPaduan Suara Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (PSM Polban) akan mewakili Indonesia dalam kompetisi "Grand Prix Thailand 2016 - The 9th International Choir Festival", sebuah festival dan kompetisi paduan suara yang diselenggarakan oleh Festa Musicale dan Bangkok Opera Foundation.

Grand Prix Pattaya ke-9 tersebut akan digelar di Ambassador City Jomtien Hotel Pattaya, Thailand, pada tanggal 20-24 Juli mendatang. Adapun kategori yang dilombakan antara lain Children’s Choirs, Boy’s Choirs, Mixed Youth Choirs, Mixed Adult Choirs, Folklore, Chamber Choirs, Spiritual, Gospel, Pop, Jazz, dan Non-Contesting Choirs.

PSM Polban sendiri akan berkompetisi dalam tiga kategori sekaligus, yaitu Mixed Youth Choirs, Mixed Adult Choirs, dan Folklore. Kelompok Paduan Suara yang terdiri dari 35 orang peserta di bawah pimpinan Nugi Tri Satya ini akan membawakan komposisi lagu dari berbagai jaman dan lagu-lagu daerah sebagai ajang memperkenalkan budaya indonesia untuk diperkenalkan ke dunia internasional.

Beberapa lagu yang akan dibawakan pada saat kompetisi tersebut yaitu Cantate Domino karya Josu Elberdin, Nachtwache karya Johannes Brahms, Ahtoi Porosh karya Budi Susanto Yohanes dan Badminton karya Eri Palamarta RAF dan Gege Gumilar.

KONSER PRA KOMPETISI

Sadar memikul beban berat dengan membawa nama Indonesia dalam sebuah kompetisi internasional, PSM Polban melakukan persiapan serius menjelang kompetisi. Terkait persiapan, PSM Polban memaksimalkan latihan sebelum pemberangkatan dengan cara melakukan latihan olah vokal setiap hari. Selain itu tim PSM Polban berwirausaha untuk menghimpun dana yang dibutuhkan. 

Persiapan puncak yang dilakukan PSM Polban demi mendukung kompetisi yang akan diikuti, yaitu menyelenggarakan konser pra-kompetisi yang bertajuk Hariring Parahyangan pada 29 Mei 2016 di Pendopo Agung Politeknik Negeri Bandung Jl. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga. 

Hariring Parahyangan adalah konser pra-kompetisi yang bermakna beriring-iringan mengenalkan kebudayaan bumi parahyangan di dunia Internasional, khususnya budaya Sunda dalam bidang paduan suara. Konser pra kompetisi ini dilangsungkan sebagai bentuk persiapan terakhir baik dari segi mental dan materi tim PSM Polban dalam menghadapi kompetisi Grand Prix Pattaya.

Dalam konser ini, PSM Polban akan membawakan 13 lagu yang terbagi ke dalam 2 sesi. Konser pra-kompetisi dibuka dengan sesi klasik dimana tim paduan suara menyanyikan lagu yang akan dibawakan pada saat kompetisi mendatang. Dilanjutkan dengan sesi kedua yang membawakan lagu-lagu tradisional dari berbagai daerah yang dipersembahkan oleh seluruh anggota PSM Polban sebagai penutup dari acara konser pra kompetisi Hariring Parahyangan. 

Konser pra-kompetisi yang diselenggarakan selama dua jam ini akan dikemas secara apik dan menarik agar tidak mengecewakan para penonton. Pada konser pra-kompetisi ini, tim PSM Polban juga mempersiapkan kejutan spesial untuk para penonton.

PSM Polban berharap, dengan semua jerih payah ini mereka akan mampu menuai hasil maksimal dari "Grand Prix Thailand 2016 - The 9th International Choir Festival", sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (pr/bug)

comments powered by Disqus