Berawal Dari Mimpi, Setia Band Aransemen Ulang Lagu "Gugur Bunga"

Selasa, 20 September 2016

Setia BandBerawal dari mimpi seseorang, Setia Band terinspirasi untuk mengaransemen ulang lagu wajib nasional, "Gugur Bunga" dengan gaya khas mereka. Lagu ini adalah karya Ismail Marzuki pada tahun 1945 yang diciptakan untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa dan negara.
 
Vokalis Setia Band, Charly van Houten, mengatakan bahwa awal mulanya keinginan mengaransemen ulang lagu ini karena dirinya didatangi oleh seorang bapak yang memimpikan sosok Jendral Ahmad Yani.

"Lagu ini berawal dari mimpi seorang bapak yang sudah lama mencari aku dan ketika ketemu bapak tersebut menyampaikan dirinya mempunyai amanah, yang dimimpinya didatangi Jendral Ahmad Yani dan beliau  menyuruh untuk mencari Charly untuk aku menyanyikan kembali lagu Gugur Bunga dan lagu pahlawan lainnya”, jelas Charly dalam siaran persnya.

Entah benar atau tidak mimpi tersebut, keinginan Setia Band untuk mengangkat kembali lagu “Gugur Bunga” ini patut diapresiasi. Tak banyak musisi atau band yang tertarik untuk membawakan lagi lagu-lagu yang bertema perjuangan.

Kita memang ingin mempopulerkan kembali lagu ini karena pesan moralnya bagus. Harapannya yang pasti bisa mendapatkan hal-hal terbaik, manfaat yang baik dan spirit yang baik untuk masyarakat Indonesia. Terlepas mimpi itu benar atau tidak, saya pikir ini sesuatu yang positif untuk diangkat. Dimana kita harus memiliki spirit kepahlawanan yang tulus untuk negara ini”, lanjut Charly.

Tidak banyak kesulitan bagi Setia Band selama proses rekaman dan aransemen ulang lagu ini. "Kesulitannya karena ada alunan yang mendayu dan harus dibuat agak lebih ngeband tapi tidak menghilangkan pesan lagunya," ungkap Charly.
 
Video klip lagu “Gugur Bunga” ini juga dibuat spesial. Dengan menyesuaikan tema nasionalisme lagunya, syuting video klip pun mengambil lokasi di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta. 
 
Melalui lagu ini, Setia Band memiliki harapan agar masyarakat Indonesia terutama anak-anak muda bisa mencintai kembali lagu-lagu wajib nasional. Dengan demikian, rasa nasionalisme dan rasa menghargai jasa para pahlawan bangsa dapat kembali tumbuh.

Penasaran dengan lagu "Gugur Bunga" versi Setia Band? Langsung saja unduh di layanan musik digital seperti iTunes atau Spotify.(pr/bug)

comments powered by Disqus