Rayakan Ultah Ke-17, Demajors Rilis Aplikasi Android

Kamis, 30 Maret 2017

demajors 17 tahun

Pada 30 Maret 2000, sebuah label musik bernama Demajors didirikan di Jakarta. Berawal dari sebuah distribution label, kini, 17 tahun kemudian, Demajors menjelma menjadi sebuah label musik yang produktif dan terus meramaikan industri musik Indonesia dengan rilisan-rilisan fisik dari musisi atau band non-mainstream. 

Di usianya yang ke-17, Demajors merespon geliat penikmat musik yang bergeser ke arah digital dengan merilis demajors app. Aplikasi ini bertujuan sebagai muara utama dari segala informasi mengenai demajors, dimana para pengguna dapat membeli rilisan-rilisan terbaru, mengakses demajorsradio, dan menyimak konten video di demajorsTV. 

Khusus bagian demajorsradio, ke depannya akan terdapat banyak perubahan menarik dibanding yang sudah ada. Beberapa fitur yang sedang disiapkan diantaranya adalah podcast dimana Jors –sapaan untuk para pendengar setia demajorsradio-, dapat mendengarkan hasil rekaman saat demajorsradio meliput dan menayangkan secara live-streaming beberapa konser musik dan juga rekaman dari program-program regular demajorsradio terdahulu. Demajors app saat ini tersedia dalam platform android dan bisa diunduh melalui Google Play Store.

Tak hanya aplikasi, Demajors juga telah menyiapkan beberapa hal untuk menyambut tahun-tahun yang akan datang. Sebagaimana gagasan awal pendirian demajors, mereka selalu berupaya membuka ruang kesempatan bagi musisi Indonesia. Melalui kerjasama dengan Urban Gigs Community, demajors menjalankan #UnreleasedProject di mana musisi berkolaborasi dan menciptakan 2 karya baru pada setiap kolaborasi. Ini merupakan sesuatu yang fresh bagi musisi yang terlibat dan diperuntukkan khusus bagi pencinta musik Indonesia. Ada pun yang berkolaborasi dalam Urban Gigs #UnreleasedProject, antara lain, Mocca x Payung Teduh, Kelompok Penerbang Roket x Kimokal, Barasuara x Scaller, Agrikultur x the Brandals, Elephant Kind x Rock N Roll Mafia dan the Hydrant x Silampukau. Nantinya hasil kolaborasi ini akan dirilis secara fisik dalam bentuk CD kompilasi.

Dalam upaya melakukan pergerakan musik Indonesia, demajors menginisiasi acara rutin yang menampilkan grup musik berpotensi besar di masa mendatang. Acara yang bertajuk Propaganda Gigs telah digelegarkan pada tanggal 29 Maret kemarin. Program regular yang diselenggarakan pada tiap bulan ini merupakan kerjasama Harper Sound System, demajors, dan Joglo Beer House. Propaganda Gigs ini merupakan reinkarnasi dari Pop Up! Gigs yang memiliki misi untuk menjadi wadah dari musisi berbakat Indonesia, termasuk para talenta baru.

Sebagai salah satu penggerak musik Indonesia, sudah sejak lama demajors selalu diundang untuk terlibat di dalam penyelenggaraan festival musik, diantaranya adalah We The Fest. Tahun ini, acara yang diserbu anak muda ini bakal diselenggarakan pada 11, 12, dan 13 Agustus. Tentu saja demajors akan meriuhkan festival musik  seru ini dengan menampilkan musisi-musisi keren di panggung demajors.

Synchronize Festival, festival musik yang menghadirkan 100% musisi Indonesia, tahun lalu disambut dengan gegap gempita oleh musisi dan pencinta musik karena sukses menghadirkan multi-genre musik dari berbagai generasi. Sebagai sebuah pergerakan musik Indonesia (Indonesian music movement), festival ini pasti digelar kembali pada bulan Oktober dengan pengisi acara yang tak kalah hebohnya dari tahun lalu.

Semua terobosan dan kegiatan tersebut dilakukan dengan satu tujuan, yaitu menggerakkan musik Indonesia ke arah yang lebih hebat! Selamat ulang tahun Demajors ! (pr/bug)

comments powered by Disqus