"Lelah", Singel Anyar Radhini yang Diramu dari Hasil Curhatan Penggemar

Senin, 26 November 2018

Bagi seorang penyanyi, penggemar pastinya punya peranan penting. Pun demikian bagi Radhini. Tak hanya jadi inspirasi dan elemen penting bagi perjalanan karirnya, penggemar juga bisa diajak untuk membuat lagu bareng. Bagaimana ceritanya?

Awalnya penyanyi yang juga seorang penyiar radio tersebut iseng membuat polling di Instagram Story, Radhini menanyakan kepada followers-nya jika ia ingin membuat lagu berdasarkan cerita mereka, apakah mereka mau curhat ke Radhini? Ternyata setelah melempar poling tersebut, Radhini mendapat  banyak respon yang positif dan banyak penggemarnya yang menceritakan kisah atau pengalaman hidup mereka kepada Radhini. Akhirnya Radhini pun merealisasikan niatannya tersebut.

"Awalnya memang iseng aja. Karena banyak curhatan yang masuk ke Instagram aku, akhirnya terpikir membuat cerita-cerita mereka ini menjadi sebuah lagu. Lalu aku mengajak salah satu stasiun radio di Jakarta untuk terlibat untuk mewujudkan ide ini dengan membuat sebuah Campaign dengan tagar #CurhatinRadhini. Jadi semua proses dari orang kirim cerita, menyusun lirik, membuat melodinya dari milih chord, verse dan reff hingga jadi satu lagu itu Live On-Air selama 5 hari di stasiun radio tersebut," jelas Radhini dalam siaran persnya.

Hasilnya, lahir sebuah singel ringan dan spesial bertajuk "Lelah". Sebuah lagu yang punya arti khusus bagi Radhini, karena karyanya kali ini dekat dengan kehidupan para pendengarnya. "Buat aku, ini pengalaman pertama membuat lagu dari curhatan orang lain. Sebelumnya aku selalu buat lagu berdasarkan pengalamanku sendiri. Dan rasanya menyenangkan sekali yah bisa dipercaya oleh mereka untuk dicurhatin tentang kisah hidup atau pengalaman mereka. Pastinya tidak mudah curhat dengan orang yang mereka tidak kenal. Tapi mereka kok mau cerita sama aku. Begitu mendengar cerita mereka ternyata banyak cerita sedih, patah hati dan tentang ketidak-bahagiaan. Aku jadi terharu membaca kisah-kisah mereka. Dari situlah, menginspirasi aku untuk membuat liriknya”, ungkap wanita bernama lengkap Radhini Aprilya Hapsari itu.

"Biasanya lagu yang ‘kena’ di kuping dan hati para pendengar musik adalah lagu yang secara lirik dan maknanya relate dengan kisah hidup banyak orang. Selain itu, proses pembuatan lagu ini memberikan gambaran bagaimana sih proses sebuah karya musik atau lagu itu tercipta, aku juga kepengen banget bisa memotivasi teman-teman yang ingin terjun ke dunia musik secara profesional untuk tetap semangat dalam membuat karya-karya yang bagus. Bahwa ide kreatif itu bisa di dapat dengan berbagai cara selama kita mau menggali potensi yang terbaik dari diri kita. Jadi jangan mudah menyerah yah," lanjutnya.

Dalam penggarapan "Lelah", Radhini dibantu oleh Produser Musik sekaligus Drummer Barasuara, Marco Steffiano. Bagi Marco, tidak sulit bekerjasama dengan Radhini karena mereka berdua memiliki selera musik yang sama. 

"Seneng banget waktu Radhini meminta gue untuk terlibat di single barunya. Sebenarnya gue mengenal Radhini sudah cukup lama dan merasa cocok bekerjasama dengan dia. Gue respect dengan kerja kerasnya dia dari dulu sampai sekarang. Kalau dari karakter suara Radhini, gue suka karena dia punya kualitas vokal yang baik dan dengerin dia menyanyi tuh enak, dia memiliki suara yang enak untuk dinikmati. Itulah yang membuat gue tertarik untuk terlibat di single ini, kedepannya ada beberapa lagu dia juga yang akan berkolaborasi sama gue," tutur Marco.

Seperti apa singel anyar Radhini? Segera dapatkan di layanan musik digital favoritmu! (pr/bug)

comments powered by Disqus