Iwa K Tumpahkan Kegelisahan di Singel "Indonesian With Attitude"

Jumat, 7 Desember 2018

Iwa KRich Brian, J-Flow, Saykoji, Young Lex atau Ramengvrl bisa jadi adalah nama yang muncul di kepala anak-anak zaman now jika ditanya tentang rapper Indonesia yang mereka kenal. Namun jangan lupakan nama Iwa K, pelopor musik rap yang sudah malang melintang sejak tahun 90-an. Salah satu albumnya, "Ku Ingin Kembali" yang dirilis pada tahun 1993 bahkan pernah masuk dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Jelang akhir 2018, pria kelahiran Bandung tersebut kembali mencuri perhatian dengan "Indonesian With Attitude", sebuah lagu yang tercipta karena kegelisahan Iwa terhadap situasi yang perlahan tapi massive mencerabut sikap keberagaman yang (pernah) menjadi salah satu kearifan lokal dari tanah pertiwi. Passion ini lalu disambut oleh Tori Sudarsono dari Guest Music, yang kemudian menunjuk Rifo Suryadharma, seorang musisi muda berbakat untuk mengarap musiknya. 

Iwa kemudian menumpahkan kegelisahannya dalam beberapa baris kata yang dikomunikasikan dengan Rifo, yang menurutnya mempunyai pengetahuan luas dalam bermusik. Itulah yang akhirnya membuat Indonesian With Attitude bisa dieksekusi dengan ambience old school namun memiliki beberapa elemen sound milenial yang kemudian dibalut oleh kedinamisan gaya funk.

Untuk mendukung singel barunya, Iwa menggandeng Deni Rangipang untuk menggarap video musiknya. Disini Deni tak sekedar mencoba menerjemahkan karya ke bentuk visual, namun memiliki ide untuk membawa seni hiphop yang diusung Iwa ke level yang berbeda. Menariknya, proses shooting video clip Indonesian With Attitude ini hanya 28 menit! 28 menit ini bukanlah waktu singkat yang 'mudah' untuk dijalani, karena membutuhkan latihan dan fokus total agar eksekusi ini benar-benar mengalir tanpa ada 'cut' di tengah performing.

Bagaimana hasilnya? Tonton saja melalui sematan video di bawah ini. Dan buat yang belum dengar lagunya, langsung saja unduh/stream di layanan musik digital favoritmu. (pr/bug)

comments powered by Disqus