Kolaborasi dengan Tompi, Ricky Lionardi Garap Singel "Bengawan Solo"

Kamis, 15 Agustus 2019

Ricky Lionardi Bengawan Solo

Composer/Arranger Ricky Lionardi akan merilis singel "Bengawan Solo", sebuah tembang lawas karya Gesang yang diaransemen ulang dengan iringan 60-piece Budapest Scoring Jazz Orchestra. Ricky tak sendiri dalam membawakan singel yang akan dirilis secara digital pada tanggal 19 Agustus ini, melainkan berkolaborasi dengan Tompi

Ricky Lionardi dan Tompi telah mengenal dan saling bekerja sama melalui industri musik semenjak awal karir mereka. Dalam berbagai kesempatan, Ricky dan Tompi telah tampil bersama untuk bermacam-macam live performances. Sebelum Bengawan Solo, mereka juga berkolaborasi dalam lagu "Tinggal Bilang" bersama Trio Lestari dalam proyek Senandung Indonesia, sebuah proyek yang digagas Ricky dalam usahanya melestarikan lagu-lagu pop Indonesia yang lahir dari para komponis legendaris Indonesia.

Lagu ‘Bengawan Solo’ tercipta di tahun 1940 pada masa peperangan di Indonesia sudah mulai usai. Para tentara Jepang juga menikmati lagu ciptaan Gesang ini, yang membuatnya menjadi populer di Jepang sampai ke seluruh dunia. Lagu ini merupakan singel ketiga yang dirilis dari "Senandung Indonesia", sebuah album ini berisikan lagu-lagu Indonesia populer yang diciptakan oleh para komponis legendaris seperti Ismail Marzuki, Guruh Soekarno Putra, Adjie Soetama sampai Cornel Simanjuntak.

Salah satu visi dari album ini adalah untuk melestarikan lagu-lagu Indonesia populer sepanjang masa agar bisa dinikmati dan diakses oleh para pecinta musik Indonesia baik dari anak muda hingga lanjut usia.

TENTANG RICKY LIONARDI & TOMPI

Ricky Lionardi saat ini merupakan Music Director untuk Ricky Lionardi Jazz Orchestra dan aktif sebagai penata musik (film composer) di industri film Indonesia. Sebagai Producer, ia 
telah bekerjasama dengan Ruth Sahanaya dan Dewi Lestari dalam menggarap album musiknya. Ricky juga telah berkolaborasi dengan Maliq & D’Essentials, Dira Sugandi, Alexa, Christian Bautista, dan masih banyak lagi sebagai Album Recording Arranger & Producer. Di tahun 2016 Ricky dianugerahi sebagai Penata Musik Terpuji untuk Film 'Badoet' dalam ajang Festival Film Bandung 2016, setelah beberapa kali dinominasikan di Festival Film Bandung 2007, Festival Film Indonesia 2010, serta Piala Maya 2013. Sampai di tahun 2019, sudah lebih dari 30 film Indonesia yang dikerjakannya dan beberapa di antaranya, masuk ke dalam box office movies di Indonesia (Danur 1 & 2, ASIH, Alaspati, Rectoverso, Mars Met Venus). Di bidang teater, Ricky juga menjadi Music Director dan Penata Musik pada pementasan “Bunga Penutup Abad” dan "Perempuan-Perempuan Chairil" yang dibintangi oleh Reza Rahadian, Chelsea Islan, Marsha Timothy, Tara Basro, dan Happy Salma.

Tompi merupakan penyanyi jazz Indonesia yang dikenal melalui album solonya di tahun 2005. Karirnya sebagai penyanyi terus menanjak sembari ia juga dikenal sebagai dokter bedah plastik ternama. Tompi terus berkarya sebagai seorang musisi baik solo maupun secara grup dalam Trio Lestari bersama Glenn Fredly dan Sandhy Sondoro. Bersama Trio Lestari, Tompi juga memiliki acara radio dan TV yang sempat mengudara selama beberapa waktu. (pr/bug)

comments powered by Disqus