Album Kedua Made Mawut, "Merdeka 100%" Dirilis

Minggu, 18 Agustus 2019

Musisi blues asal Bali, Made Mawut, melepas album penuh keduanya yang diberi tajuk "Merdeka 100%". Meski dirilis bertepatan dengan perayaan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2019, namun rupanya konteks merdeka versi album Made Mawut tidak ada korelasinya dengan ritus tahunan kemerdekaan Indonesia tersebut.

"Judul 'Merdeka 100%' diambil dari judul lagu yang ada di album. Sama sekali tidak ada kaitan dengan hari kemerdekaan. Saya jadikan judul album, tujuannya untuk memberi kesan parodi dari kata merdeka itu sendiri," jelas Made.

Tidak jauh berbeda dengan album pertama, Made Mawut tetap konsisten melantunkan kegelisahannya di setiap lirik lagu. Mungkin juga menjadi kegelisahan kita. Secara tematik, tidak ada sesuatu khusus dirangkum dalam album ini. "Tidak khusus. Hanya ide dasarnya dari ketuntasan dalam menampilkan keyakinan."

Dipilihnya lagu "Merdeka 100%" sebagai judul album, bagi Made Mawut memiliki makna tersendiri. Tidak secara langsung mewakili semua lagu. Ada hal yang ingin dia sampaikan, di kehidupan nyata merdeka belum tentu 100 persen. Apalagi jika sudah berumah tangga.

"Judul album tidak secara langsung mewakili tema semua lagu. Tapi spiritnya mewakili. Sebenarnya merdeka cuma 99 persen, sedangkan 1 persennya dibelenggu Istri," canda musisi sekaligus juru masak di Nasi Bubuh 73 ini. "Seseorang dihitung bukan dari tempat di mana ia berdiri, tetapi bagaimana menjalankannya. Jalan di sini yaitu jalan merdeka 100 persen. Eh 99 persen," kelakarnya lagi.

Secara musikalitas, Made Mawut tetap menggusung Delta blues. Harmonika dan permainan slide gitar dobro mendominasi setiap lagunya. Uniknya, kesemua track direkam secara langsung atau live recording. "Delta blues sudah menjadi ciri khas saya, semua lagu direkam secara langsung (live), jadi apa yang terjadi terjadilah," katanya.

Total ada 10 track lagu di album "Merdeka 100%" ini. Terinci, tiga diantaranya cover dari album perdananya berjudul "Blues Krisis". Satu lagu cover dari lagu keroncong favoritnya, yang sejak lama ingin Made Mawut bawakan. "Debut album pertama, saya garap swadaya. Di album kedua ini diproduseri oleh Dadang SH Pranoto, dengan Label Pohon Tua Creatorium. Demajors sebagai distributor album," tutur Made Mawut.

Selain ditangani langsung oleh personel dari Navicula dan Dialog Dini Hari, Dadang SH Pranoto sebagai produser. Di album penuh, Made Mawut, berkolaborasi dengan sejumlah musisi, diantaranya Endah n Rhesa, Fendy Rizk, Truedy, Palel Atmoko, dan Eval Leftright. "Alasan mengajak musisi terlibat Itu saran dari pak produser dan saya setuju. Lagu-lagu yang ada di album kedua ini memang butuh sentuhan khusus agar makin dekat dengan pesannya," tutup Made Mawut.

Untuk saat ini, album "Merdeka 100%" bisa didapatkan dalam format fisik melalui situs Demajors. Dan dalam waktu dekat akan diluncurkan di beberapa kanal musik digital, seperti iTunes, Youtube, Spotify, Amazon Music, Google Play, Deezer dan Shazam. 

TRACK LIST

  • Merdeka 100%
  • Jalapeno Blues
  • Di Bawah Sinar Bulan Purnama
  • Lingkaran Setan
  • Blues Kamar Mandi
  • Paceklik
  • Sesat
  • Blues Hari Ini
  • Setan Kredit (album version)
  • Terlena
comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini