PIANKA terbentuk pada bulan Agustus 2006. Awalnya mereka beranggotakan 4 personel, namun akhirnya personel mereka hanya tersisa 3 orang, yaitu Puspita Wardhani (Pipit), Nita Lesmana (Nita), dan Sherine Farani Bahar (Sher).

Prestasi demi prestasi diraih seiring dengan perjalanan karier mereka. Pipit dan Nita pernah menimba ilmu dan menjadi murid Elfa Secioria. Keduanya dipercaya menjadi Elfa's Choir di ajang Olympic Choir di sejumlah negara, seperti Italia (2003), Korea (2002), Bremen-Jerman (2004), dan Austria (2008). Bahkan, Nita pernah menjadi juara mingguan di ajang Asia Bagus, Singapura, pada tahun 1998.

Pintu menuju dapur rekaman mulai terbuka sejak mereka mengikuti ajang pencarian grup vokal Gangstarz yang diputar di TV3 Malaysia pada tahun 2007. Gangstarz membuka kesempatan bagi PIANKA untuk bergabung dengan KRU Music Group, label rekaman milik KRU, ex-boyband th.90-an asal Malaysia. Mereka sempat melepas 2 single di Malaysia dan Singapura, yang pertama “Datanglah Kekasih” sebagai soundtrack film “Duyung”. Kedua, “Mau yang Besar” sebagai soundtrack film “Cicakman 2”.

Pada tahun 2009 mereka merilis album perdana "Oh My God" dengan singel "Mau Yang Besar". Album yang rencananya juga akan dirilis di Malaysia dan Singapura ini diharapkan mampu merebut perhatian dan minat para penggemar musik di Indonesia.  (pr/bug)